Pelanggaran Lalin saat PSBB Transisi Meningkat, Polisi Kembali Berlakukan Tilang

Senin, 13 Juli 2020 12:00 Reporter : Merdeka
Pelanggaran Lalin saat PSBB Transisi Meningkat, Polisi Kembali Berlakukan Tilang Kemacetan Jakarta di tengah PSBB transisi. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya mencatat pelanggaran lalu lintas pada masa PSBB transisi ini meningkat hingga 50 persen. Hal tersebut membuat petugas akan segera melakukan penindakan terhadap para pelanggar.

Kasubdit Pembinaan dan penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri mengatakan, ada 15 jenis pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas yang menjadi target sasaran penilangan. Walaupun begitu masyarakat diimbau tidak melakukan pelanggaran lalu lintas lainnya.

"Iya cukup tinggi karena pada masa PSBB, masa PSBB Transisi masa adaptasi kebiasaan baru kita mengedepankan tindakan preemtif dan preventif," katanya kepada wartawan, Senin (13/7).

Adapun ke 15 pelanggaran yang menjadi prioritas penindakan, dijabarkan Fahri adalah menggunakan ponsel sambil berkendara, mengendarai kendaraan di atas trotoar, melawan arus, menerobos jalur busway, menerobos bahu jalan, sepeda motor masuk ke jalan tol, jalan layang non-tol, kendaraan yang melebihi kapasitas dan tidak sesuai peruntukan, melebihi batas kecepatan, tidak menggunakan helm, serta tidak melengkapi kendaraan sesuai standar.

"Itu pelanggaran yang akan kami tindak tegas, di luar itu sampai saat ini hanya peneguran," tegas Fahri.

Dia menuturkan, polisi akan segera melakukan penindakan terhadap pelbagai pelanggar lalu lintas tersebut mulai pekan depan.

"Minggu ini kami akan sosialisasikan kepada masyarakat secara masif agar tertib berlalu lintas dan tidak melakukan pelanggaran lalu lintas," tukasnya.

Reporter: Yopi Makdori [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini