PDIP Minta Pemprov DKI Distribusi Masker ke Warga Terdampak Banjir

Rabu, 24 Februari 2021 08:34 Reporter : Yunita Amalia
PDIP Minta Pemprov DKI Distribusi Masker ke Warga Terdampak Banjir Pengungsi korban banjir ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Anggota DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak meminta Pemprov DKI kembali mendistribusikan masker kepada warga terdampak banjir. Sebab, kedisiplinan penggunaan masker saat banjir sulit diterapkan karena berbagai faktor.

"Sepanjang pengamatan, umumnya masyarakat yang terkena banjir tidak menggunakan masker, mungkin karena basah, stok tidak ada terkena banjir. Untuk mencegah adanya kenaikan kasus, sebaiknya masyarakat yang terkena banjir diberi masker tambahan," kata Gilbert, Rabu (24/2).

Politikus PDIP itu menilai penerapan protokol kesehatan tetap wajib diterapkan kendati situasi saat ini sangat sulit dilakukan. Sebab, imbuhnya, jika upaya pencegahan penularan Covid-19 menurun, maka akan terjadi klaster di pengungsian.

"Masyarakat yang mengungsi berkerumun sulit dihindari. Akan tetapi harus diwaspadai terjadinya kluster baru dan peningkatan kasus," ujarnya.

Sementara itu, Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengonfirmasi 782 kasus baru Covid-19. Jumlah tersebut berasal dari hasil tes PCR terhadap 8.204 orang hari ini.

"Sebanyak 8.204 orang dites PCR hari ini untuk mendiagnosis kasus baru dengan hasil 782 positif dan 7.422 negatif," ucap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia, Selasa (23/2).

Namun, Dwi menegaskan angka penambahan kasus tidak mencerminkan kondisi sebenarnya. Masih ada hasil spesimen belum terdata melalui sistem Kementerian Kesehatan.

"Sebagian data positif hari ini tertunda akibat perbaikan koneksi penginputan sistem Kemenkes. Kemungkinan akan ada akumulasi data dari yang sebelumnya tidak bisa dilakukan penarikan melalui sistem," terangnya.

Lebih lanjut, Dwi memaparkan untuk rate tes PCR total per 1 juta penduduk sebanyak 281.843. Jumlah orang yang dites PCR sepekan terakhir sebanyak 74.831. Adapun jumlah kasus aktif di Jakarta turun sejumlah 1.075 kasus, sehingga jumlah kasus aktif sampai hari ini sebanyak 12.065 orang.

Sedangkan, jumlah kasus Konfirmasi secara total di Jakarta sampai hari ini sebanyak 331.876 kasus. Dari jumlah total kasus tersebut, total orang dinyatakan telah sembuh sebanyak 314.863 dengan tingkat kesembuhan 94,8 persen, dan total 5.248 orang meninggal dunia dengan tingkat kematian 1,6 persen.

Untuk positivity rate atau persentase kasus positif sepekan terakhir di Jakarta sebesar 16,8 persen. [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini