Panitia Ungkap Keunggulan Sirkuit Formula E di Jakarta Dibandingkan Negara Lain

Rabu, 11 Mei 2022 16:09 Reporter : Yunita Amalia
Panitia Ungkap Keunggulan Sirkuit Formula E di Jakarta Dibandingkan Negara Lain Sirkuit Formula E di Ancol. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Vice President Infrastructure and General Affairs Organizing Committee Formula E, Irawan Sucahyono mengklaim desain sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara berbeda dengan desain di negara-negara lain.

Letak perbedaan sirkuit di Ancol yaitu memiliki attack mode yang memungkinkan terjadinya overtake atau menyalip. Manuver overtake ini tidak mudah dilakukan oleh pembalap.

"Kalau pembalap masuk ke Attack Mode, dia akan dapat tenaga tambahan sehingga akan terjadi overtaking. Tapi overtake tak bisa terjadi jika mobil di depan pembalap ada di racing line yang benar," kata Irawan, Rabu (11/5).

Menurut Irawan, hal itulah yang membuat sirkuit Formula E di Ancol menjadi andalan dan berbeda dengan sirkuit di negara-negara lain.

“Balapan ini untuk tontonan. Bagaimana agar tontonan ini menarik? Harus ada banyak ovetake, harus ada banyak kompetisi di antara pembalap,” katanya.

2 dari 2 halaman

Dia menambahkan, karena bentuk sirkuit di Ancol memungkinkan adanya overtaking, maka acara balap dipastikan akan menarik sekali.

Irawan mengatakan desain sirkuit Formula E di Jakarta sulit diikuti oleh negara lain.

“Karena geometri jalan yang mereka (negara lain) pakai tidak memungkinkan membuat dimensi yang lebih besar pada saat mau masuk tikungan. Biasanya kalau overtake kan dapatnya selalu di trek lurus agak panjang. Nah, di sini kita melibatkan banyak sekali posisi-pos itu," ujarnya.

Baca juga:
Panitia Formula E Pastikan Harga Tiket Termasuk Wahana di Ancol
Anggota DPRD DKI Mengaku Kesulitan Akses Beli Tiket Formula E
Tiket Formula E Mulai Dijual, Ini Panduan Cara Membelinya
Sahroni Klaim Jokowi dan Gibran akan Hadir Nonton Formula E
Wagub DKI Respons KPK Singgung Kontrak Bayar Formula E Melebihi Masa Jabatan Anies

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini