Panggung 'Jumbo' Disiapkan di Bundaran HI saat Car Free Night Malam Tahun Baru

Selasa, 31 Desember 2019 12:56 Reporter : Merdeka
Panggung 'Jumbo' Disiapkan di Bundaran HI saat Car Free Night Malam Tahun Baru Panggung tahun baru di Bundaran HI. ©2019 Merdeka.com/Bagus Kusumo Sejati/Magang

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi DKI memastikan perayaan menyambut pergantian malam tahun di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Selasa (31/12) sudah siap. Persiapan sudah mencapai 90 persen saat diadakannya Car Free Night di kawasan Bundaran HI.

"Semua panggung sudah mulai cek sound, kalo untuk panggung ini sudah gladiresik kemarin pukul 13.00 WIB, InsyaAllah semua bisa berjalan dengan baik dan lancar," kata Kepala Biro Tata Pemerintahan Sekda Provinsi DKI Jakarta Premi Lesari di Bundaran HI, Jakarta, Selasa (31/12).

Premi menjelaskan, ada perbedaan perayaan pergantian malam tahun baru dengan sebelumnya. Menurut dia, untuk tahun ini disediakan panggung jumbo di Bundaran HI.

"Tahun ini kita bekerja sama, terima kasih pada Indosiar sudah bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta sehingga panggung di Bundaran HI ini cukup besar yaitu ukurannya 8 x 30 meter," ujar dia.

Sedangkan untuk pesta kembang api merayakan pergantian malam tahun baru dipusatkan di kawasan Ancol. Pesta pergantian tahun baru ini sesuai instruksi sekretaris daerah nomor 122 tahun 2019 tentang pelaksanaan perayaan pada malam tahun baru.

"Jadi memang kalo untuk kembang api kita pusatkan di Ancol karena memang di sana area laut, kalau di sini areanya (Bunderan HI) cukup padat," kata dia.

1 dari 1 halaman

1.600 Personel Gabungan Amankan Tahun Baru di Jakarta

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, persiapan Car Free Night pada perayaan Malam Tahun Baru 2020 telah rampung.

"Alhamdulillah sudah siap semua, jadi rencana mulai pukul 14.00 WIB, kita akan melakukan pengaturan lalu lintas, kemudian secara total untuk area Jakarta car free night akan ditutup pukul 17.00 WIB, yang boleh melintas di sini hanya TransJakarta," ujar Syafrin.

Untuk keamanan, Syafrin menjelaskan akan ada tambahan 500 personel per shift dari Dishub DKI Jakarta. Syafrin menambahkan, akan ada pengamanan juga dari kepolisian sekitar 1.600 personel serta TNI dan Satpol PP.

"Jadi arah selatan itu semua di belokan jadi mereka tidak masuk ke Jalan Sudirman tapi yang lain bisa masuk ke Hangtuah kemudian masuk ke Senayan, begitu juga yang ke arah timurnya jadi belok kanan ke jalan pattimura kemudian terus ke arah timur," tutur Syafrin.

"Untuk yang dari utara semuanya kita belokan ke Juanda dari Harmoni belok kiri ke juanda, kemudian yang mau ke arah baratnya itu bisa berputar di veteran 3 Kemudian lurus ke arah surya pranoto," tambahnya.

Sedangkan untuk pedagang asongan tidak diperbolehkan masuk area car free night. "Karena prinsipnya untuk Jakarta Car Free Night ini polanya sama dengan HBKB (Hari Bebas Kendaraan Bermotor) yang kita larang untuk PKL," pungkasnya.

Reporter Magang: Bagus Kusumo Sejati [gil]

Baca juga:
Ketua DPR: Mari Hadapi Tantangan Ekonomi & Politik 2020 dengan Gotong Royong
Ini Lokasi Parkir untuk Car Free Night saat Malam Tahun Baru di Sudirman-Thamrin
Armada Bus dan Jam Operasional TransJakarta Ditambah Saat Malam Tahun Baru
Jakarta Diprediksi akan Diguyur Hujan saat Malam Pergantian Tahun
Jelang Tahun Baru, Aturan Ganjil Genap Hanya Berlaku Sampai Pukul 10.00 WIB
Liburan Akhir Tahun, Cek Lokasi Rawan Kecelakaan Menuju Anyer
Warga New York Ramai-Ramai Buang Kenangan Buruk Selama 2019

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini