Panen Raya Food Station, Anies Ingin Kolaborasi Jakarta dengan Daerah Ditingkatkan

Jumat, 16 April 2021 12:19 Reporter : Yunita Amalia
Panen Raya Food Station, Anies Ingin Kolaborasi Jakarta dengan Daerah Ditingkatkan Anies Baswedan Hadiri Panen Raya di Cilacap. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan kolaborasi Jakarta dengan daerah menjadi upaya ibu kota dalam ketahanan pangan. Pernyataan ini disampaikan Anies saat menghadiri panen raya di Cilacap, Jawa Tengah.

"Kita berharap pergerakan perekonomian di Jakarta dirasakan sebagai manfaat di berbagai daerah melalui kerja sama ini," katanya di Cilacap, Jumat (16/4).

Dia menuturkan, kolaborasi Jakarta dengan daerah di sektor pertanian diharapkan ada suasana keadilan sosial, yaitu membuat masyarakat Jakarta memiliki beras harga terjangkau, sementara petani di Cilacap merasakan peningkatan kesejahteraan.

Anies menjelaskan, prinsip saling menguntungkan membuat pergerakan perekonomian di ibu kota juga dirasakan di daerah-daerah. Sebab, antara permintaan kebutuhan dapat dipenuhi oleh pihak penyedia dengan seimbang dan berdampak positif dengan harga kebutuhan pokok yang terjangkau.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga menginstruksikan jajarannya untuk mengembangkan kolaborasi ke aspek-aspek lainnya.

"Isya Allah kolaborasinya bisa kita perluas di aspek-aspek lain," imbuhnya.

Kerja sama antara Food Station dengan Gapoktan Sumber Makmur Cilacap merupakan bentuk kolaborasi yang diinisiasi pada tahun 2018 dengan areal sawah seluas 250 hektar; pada tahun 2019 bertambah seluas 500 hektar; tahun 2020 seluas 850 hektar; dan target kerja sama pda tahun 2021 seluas 1.000 hektar. Dengan rata-rata produktivitas 5,7 ton/hektar dan memberikan potensi hasil 5.700 ton Gabah Kering Panen (GKP) atau 2.964 ton beras dengan Varietas Ciherang, Metik Wangi, dan Muncul.

Pendampingan yang dilakukan Food Station terhadap Gapoktan Sumber Makmur antara lain terkait memberikan pendampingan dalam pemilihan varietas; memberikan pendampingan dalam pascapanen; Food Station sebagai off taker memberikan jaminan harga; Memotong mata rantai pembelian gabah milik petani, sehingga petani bisa tetap sejahtera; serta Kolaborasi ini dapat digunakan oleh petani untuk mendapatkan pembiayaan. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini