Olah Sampah Dedaunan, PPSU Jakarta Barat Produksi Satu Ton Pupuk Organik

Selasa, 12 Oktober 2021 13:01 Reporter : Iqbal Fadil
Olah Sampah Dedaunan, PPSU Jakarta Barat Produksi Satu Ton Pupuk Organik Lurah Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat Marhali. ©ANTARA/Walda

Merdeka.com - Petugas Penanganan Prasarana Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat memproduksi satu ton pupuk organik hasil olahan sampah dedaunan.

"Dalam tiga bulan kira-kira kurang lebih satu ton. Alhamdulillah selain mengurangi sampah, kita bisa manfaatkan untuk menjadi pupuk organik," kata Lurah Duri Kepa Marhali di Jakarta, Selasa (12/10) seperti dilansir Antara.

Marhali mengatakan, pupuk tersebut berasal dari sampah dedaunan yang dikumpulkan petugas di pinggir jalan dan sekitar taman. Paling banyak dikumpulkan saat ada program pemotongan pohon di sekitar wilayah Duri Kepa. Sampah dedaunan yang sudah kering itu lalu dikirimkan kantor kelurahan untuk diolah menjadi pupuk.

Proses pengolahan berawal dari pembersihan dan pengeringan sampah. Setelah itu, sampah dimasukkan ke mesin penggiling agar dipotong lebih kecil.

Sampah yang sudah terpotong itu pun dimasukkan ke dalam sebuah wadah khusus. "Setelah dimasukkan ke wadah lalu dicampurkan cairan E4 dan didiamkan selama dua bulan," kata Marhali.

Sampah diendapkan selama dua bulan agar semakin kering sehingga layak dijadikan pupuk. Jika sudah menjadi pupuk, petugas akan memanfaatkannya untuk taman kota di Duri Kepa.

Jika masih ada pupuk tersisa, petugas PPSU akan menjual pupuk tersebut lewat akun media sosial.

Namun demikian, Marhali memastikan tujuan utama pihaknya bukanlah menjual pupuk melainkan menggunakan sampah dedaunan untuk kebutuhan taman. "Jadi, kita jual kalau ada sisa saja. Kita jual sebesar Rp15.000 per lima kilogram," kata Marhali.

Uang itu nantinya akan dipakai untuk operasional pembuatan pupuk hingga kebutuhan sehari-hari para petugas PPSU.

Marhali memastikan program pengolahan sampah menjadi pupuk ini akan terus bergulir demi mengurangi jumlah sampah di wilayahnya. [bal]

Baca juga:
Petugas PPSU Cipinang Melayu Pakai Lahan di Kolong Tol Becakayu untuk Bertani
Petugas PPSU Kayu Putih Inisiatif Bikin Peti Jenazah Covid-19
Kampanye Memakai Masker Lewat Mural
Beternak Lele di Kolong Tol Becakayu
Oleng Usai Diserempet, Pemotor Tabrak PPSU di Ancol lalu Kabur

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini