Muncul Klaster Perkantoran, IAKMI Kritik Protokol Kesehatan di Transportasi Umum

Sabtu, 1 Agustus 2020 12:31 Reporter : Ahda Bayhaqi
Muncul Klaster Perkantoran, IAKMI Kritik Protokol Kesehatan di Transportasi Umum Klaster Covid-19 di Perkantoran. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Perkantoran menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. 440 pegawai di 68 perkantoran pemerintah dan swasta di Jakarta dilaporkan positif Covid-19.

Ketua Terpilih Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Dedi Supratman, menilai munculnya klaster perkantoran tidak bisa dilihat dari kegiatan di perkantoran saja. Tetapi, harus dilihat bagaimana aktivitas pegawai mulai dari berangkat ke kantor, hingga kembali lagi ke rumah masing-masing.

Dedi mengkritik kurangnya protokol kesehatan di transportasi publik. Belum lagi, kegiatan para pegawai saat makan siang hingga pulang ke rumah yang bisa menjadi terinfeksi Covid-19.

"Klaster perkantoran bukan soal kantor saja tapi harus dilihat bagaimana dia berangkat ke kantor, transportasi publik mendukung enggak? saat makan siang dia keluar ke mana saja, saat pulang dia juga bagaimana," ujarnya dalam diskusi daring, Sabtu (1/8).

1 dari 1 halaman

Namun, Dedi tidak menutup juga harus dilihat penerapan protokol kesehatan di gedung perkantoran. Dia mendorong pemerintah mengambil langkah antisipasi pergerakan pegawai ini agar tidak semakin bertambah kasus positif Covid-19.

"Kalau pemerintah tidak antisipasi itu maka sangat mungkin terjadi kasus di perkantoran makin banyak dan terus meningkat," ucapnya.

Selain itu, diharapkan juga petugas melakukan inspeksi mendadak ke gedung-gedung perkantoran agar mencegah muncul klaster-klaster baru.

"Sekarang ada klaster baru klaster perkantoran yang saya harap ada petugas sidak melakukan pemeriksaan rutin," pungkasnya. [ray]

Baca juga:
Update Pasien Covid-19 di Wisma Atlet dan RSKI Pulau Galang 1 Agustus 2020
Hikmah Pandemi Corona Buat Anak Melaney Ricardo, Dulu Anak Mall Sekarang Anak Alam
Mudik ke Aceh Barat, Satu Keluarga Asal Jakarta Positif Covid-19
Presiden Rodrigo Duterte Minta Masyarakat Bersihkan Masker Pakai Bensin
Jemaah Haji Terapkan Jaga Jarak Aman Saat Melempar Jumrah

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini