Naik MRT Mulai Berbayar, Ini Reaksi Warga DKI

Selasa, 2 April 2019 05:03 Reporter : Merdeka
Naik MRT Mulai Berbayar, Ini Reaksi Warga DKI mrt. merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Muka Rezki Apriliya tampak semringah ketika menceritakan perjalanannya dari rumah ke tempat kerja menggunakan kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta. Sebagai warga Cilandak, Jakarta Selatan, ia sangat terbantu dengan adanya MRT Jakarta. Sebab selama ini, untuk menuju tempat kerjanya di kawasan Jakarta Pusat Rezki menghabiskan waktu kurang lebih 1 jam.

Sebelum ada MRT Jakarta, ia seringkali menggunakan transportasi online menuju Halte Transjakarta Masjid Agung, Jakarta Selatan dengan tarif mulai Rp 12-14 ribu dengan lama perjalanan kurang lebih 25 menit. Kemudian berpindah menggunakan Transjakarta koridor 1 (Blok M-Kota) menuju Halte Transjakarta Monas dengan tarif Rp 3.500.

Perjalanan untuk menuju Monas juga membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Waktu bisa semakin lama bila bus datang terlambat.

"Kadang busnya lama, jadi bisa sampai Monas itu bisa sampai 45 menit. Belum kadang macetnya," kata Rezki kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin (1/4).

Setelah sampai di Halte Transjakarta Monas, untuk menuju kantor Wali Kota Jakarta Pusat tempatnya bekerja bisa berjalan kaki ataupun transportasi online. Sebenarnya, kata Rezki, lokasi rumahnya bisa ke beberapa halte terdekat seperti halnya rute Ragunan-Dukuh Atas.

Akan tetapi, kata dia, bus tersebut harus memutar jauh dan membutuhkan waktu lama menuju Jakarta Pusat. Sehingga dia memilih langsung ke Halte Transjakarta Masjid Agung.

Bandingkan dengan Sepeda Motor

Sedangkan saat ini, ia menyebut rumahnya berlokasi tidak jauh dari Stasiun MRT Cipete Raya dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Bila menggunakan transportasi online hanya butuh waktu tempuh 5-10 menit saja.

"Naik MRT cuma sekitar 20 menit sampai Bundaran HI, karena masih diskon cuma bayar Rp 5.500 aja. Abis itu bisa lanjut GOJEK atau Transjakarta juga nggak lama. Nyaman, lebih cepet, nggak ribet dan terjangkau," ucapnya.

Penumpang lainnya, Mohammad Farhan, menggunakan MRT Jakarta dari Lebak Bulus-Bundaran HI untuk sampai ke lokasi kerjanya Balai Kota, Jakarta Pusat. Biasanya dia menggunakan motor.

Mengingat satu bulan pertama MRT Jakarta menerapkan adanya potongan harga sebesar 50 persen. Farhan menyebut untuk parkir nya pun penumpang hanya dibebankan tarif Rp 2.000 saja.

Setelah sampai di Bundaran HI dengan waktu tempuh 30 menit, dia memilih untuk menggunakan bus Transjakarta menuju Balai Kota dengan jarak tempuh kurang lebih 10 menit.

"Kan masih diskon jadi hanya mengeluarkan uang Rp 14 ribu pulang pergi dan Transjakarta menuju Balai Kota Rp 3.500. Kalau MRT kan nyaman, nggak kepanasan, cepet, siapa tahu ketemu jodoh," ucap Farhan.

Jadi Pilihan Alternatif

Sementara itu penumpang asal Tangerang Selatan, Fransisca, menolak keberadaan MRT menjadi alternatif transportasi pilihan pekerja di kawasan Sudirman dan Senayan.

"Saat ini karena pekerjaan banyak di tengah kota kayanya MRT bisa menjadi pilihan yang asik," jelasnya.

Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta mulai beroperasi secara komersil pada Senin, 01 April 2019. Rencananya selama sebulan pertama berbayar ini penumpang akan mendapatkan potongan sebesar 50 persen dari tarif yang telah ditentukan selama April 2019.

"Gubernur Provinsi DKI Jakarta telah menyetujui usulan PT MRT Jakarta untuk memberikan diskon sebesar 50 persen selama bulan April 2019," kata Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin dalam keterangan tertulisnya, Minggu (31/3/2019).

Untuk besaran tarif MRT Jakarta, Kamaluddin menyebut berdasarkan yang telah disepakati oleh Pemprov DKI Jakarta dan DPRD DKI Jakarta.

Besaraan itu juga telah dituangkan dalam Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No. 34 Tahun 2019 tentang Tarif Angkutan Perkeretaapian Mass Rapid Transit dan Kereta Api Ringan/Light Rail Transit.

Reporter: Ika Defianti

Sumber: Liputan6.com [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. MRT
  3. Transportasi Umum
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini