Motor terabas jalur Transjakarta, siap-siap denda Rp 500 ribu

Selasa, 29 Oktober 2013 11:33 Reporter : Henny Rachma Sari
Motor terabas jalur Transjakarta, siap-siap denda Rp 500 ribu mobil mewah terobos jalur busway. ©masukbusway.com/wsaragih

Merdeka.com - Pemotor di ibu kota kini tak bisa lagi membandel dengan coba-coba menerabas jalur khusus bus Transjakarta saat terjebak kemacetan. Sebab mulai November mendatang, Polda Metro Jaya bakal menerapkan tilang untuk penerobos busway dengan nilai denda maksimal mencapai Rp 500 ribu.

"Untuk denda tilang maksimal memang sudah bisa diterapkan pada bulan November mendatang," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Rikwanto, di Jakarta, Selasa (29/10).

Rikwanto menjelaskan, pihaknya tidak perlu melakukan sosialisasi intensif soal penerapan tilang dan denda tersebut. Sebab aturan ini sesuai dengan Pasal 287 ayat 1 dan 2 Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan No 22/2009 dengan besaran denda maksimal Rp 1.000.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp 500.000 untuk kendaraan roda dua.

"Secepatnya ini bisa diterapkan dan tidak lagi butuh sosialisasi, karena rambu sudah ada dan di undang-undang juga sudah disebutkan. Bahkan, masyarakat juga sudah tahu kalau jalur khusus tersebut terlarang bagi angkutan umum selain bus transjakarta," terangnya.

Untuk mekanisme penindakan tilang, tidak ada yang berbeda seperti tilang di jalur regular pada umumnya.

"Untuk mekanismenya penindakan juga tidak ada perubahan cukup dengan tilang biasa," ucapnya.

Sebenarnya besaran nilai tilang yang dijatuhkan pada si pelanggar bergantung pada putusan hakim. Selama ini, hakim hanya memutuskan untuk denda terendah, yaitu Rp 100.000 untuk roda empat dan Rp 50.000 untuk roda dua. Dan menurut Rikwanto, itu tak akan membuat jera.

"Mestinya para pelanggar yang sudah lebih dari sekali, sanksinya lebih berat," tuturnya.

Agar denda ini bisa diterapkan sesuai dengan yang berlaku, Polda Metro Jaya dan Pemprov DKI Jakarta akan mengajukan usulan ke kejaksaan. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pelanggaran Jalur Busway
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini