Menteri Basuki Soal Polemik Tender Stadion BMW: Lelang Bisa Diulang

Rabu, 11 September 2019 13:58 Reporter : Anggun P. Situmorang
Menteri Basuki Soal Polemik Tender Stadion BMW: Lelang Bisa Diulang Stadion BMW. ©2012 Merdeka.com/Handout/Tiyok Prastyoadi

Merdeka.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono akhirnya angkat bicara terkait lelang proyek Jakarta Internasional Stadium alias Stadion BMW. Tender proyek ini menuai polemik setelah PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menentukan PT Wijaya Karya Bangunan Gedung-PT Jaya Konstruksi-PT PP memenangkan tender. Nilai penawaran Rp4.085.552.000.000.

Yang menjadi polemik, yakni KSO Wijaya Karya menang tender proyek Stadion BMW dengan nilai penawaran yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan PT Adhi Karya-PT Hutama Karya-PT Nindya Karya-PT Indah Karya yang memberikan harga penawaran lebih rendah yakni Rp3.782.969.000.000, atau lebih rendah Rp300 miliar dari KSO Wijaya Karya yang mencapai Rp4,08 triliun.

Menteri Basuki menegaskan, lelang tender bisa diulang. Kondisi tersebut bisa dilakukan apabila ditemukan kesalahan dalam proses tendernya.

"Nanti tinggal mereka teliti lagi sanggahannya betul apa tidak, kalau benar mungkin tender ulang," ujarnya di Jiexpo, Jakarta, Rabu (11/9).

Menteri Basuki memandang wajar adanya polemik dalam proses tender atau lelang. Proses tersebut bisa terjadi jika salah satu merasa kurang puas dengan keputusan pemilik proyek.

"Itu proses biasa di PU (Pekerjaan Umum), tidak istimewa, kalau ada orang menyangga itu proses yang ada dalam Perpres. Perpres itu memungkinkan untuk di sanggah," jelasnya.

Hanya saja, dia mengingatkan, dalam proses tender tidak selalu perusahaan yang menawarkan harga murah yang menang. "Tender ulang atau sebagainya dan tidak harus termurah harus menang. Di Perpres nya itu sesuai aturan mainnya saja," jelasnya. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini