Mbah Ramun, seorang veteran usia 101 tahun kini hidup memulung di Jakarta

Selasa, 27 Maret 2018 09:23 Reporter : Liputan6.com
Mbah Ramun, seorang veteran usia 101 tahun kini hidup memulung di Jakarta Mbah Ramun. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Mbah Ramun, laki-laki renta ini diamankan petugas P3S Suku Dinas Sosial Jakarta Utara. Mbah yang berusia 101 tahun tersebut rupanya seorang veteran.

Sayangnya, kini Mbah Ramun hidup menggelandang di tengah ganasnya persaingan ibu kota. Sehari-hari, ia harus menyandarkan tubuhnya untuk sekadar menghela napas hingga terlelap di kolong Tol Enggano, Jakarta Utara.

Satuan Pelaksana Sosial Kecamatan Koja Jakarta Utara, Marspel mengatakan pihaknya melakukan penyelamatan dan membawanya ke panti setelah mendapatkan informasi dari Wali Kota Jakarta Utara.

"Saat dilakukan asesmen oleh petugas, kami sama sekali nggak menyangka kalau lansia itu seorang veteran sewaktu Indonesia perang melawan penjajahan Belanda," terang Marspel, saat dihubungi, Selasa (27/3).

Mbah Ramun sempat mengenang masa-masa penjajahan Belanda bersama petugas saat dievakuasi ke panti. Di Ibu Kota sendiri, dia berniat mengais rejeki sebagai pemulung.

"Selama ini Mbah Ramun tinggal di kolong-kolong tol dan di pinggir jalan atau di ruko-ruko. Di mana saja Mbah Ramun lelah, di situ lah Mbah Ramun istirahat dan tidur," jelas dia.

Mbah Ramun mengaku berasal dari Pemalang, Jawa Tengah. Nyatanya, dia tidak memiliki sanak saudara di Jakarta maupun kampung halamannya. Kakek itu hidup sebatang kara untuk merawat dirinya sendiri.

Kondisi kesehatannya juga tidak terlalu baik. Sejak masuk usia 90 tahun, Ramun terkena penyakit jantung dan kebocoran ginjal.

Untungnya, saat ini Mbah Ramun telah dibawa ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 2 Cipayung, Jakarta Timur. "Kita beri perawatan dan pelayanan yang lebih baik," tutupnya.

Reporter: Nanda Perdana Putra

Sumber: Liputan6.com [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini