Masyarakat Pinggiran Jakarta Dinilai Sulit Terapkan New Normal

Kamis, 28 Mei 2020 08:34 Reporter : Yunita Amalia
Masyarakat Pinggiran Jakarta Dinilai Sulit Terapkan New Normal Jokowi Tinjau Mal di Bekasi. ©2020 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Provinsi DKI Jakarta disebut-sebut memenuhi kualifikasi penerapan kehidupan normal baru, the new normal. Ada empat provinsi yang dipersiapkan menjalani kehidupan normal baru yakni DKI Jakarta, Sumatera Barat, Jawa Barat, dan Gorontalo.

Keputusan pemerintah itu dianggap prematur karena penularan virus Corona di tengah-tengah masyarakat masih terjadi. Kurva penularan virus belum menyentuh angka 0. Di Jakarta saja, jumlah penambahan kasus fluktuatif per harinya.

Pengamat kebijakan publik, Trubus Rahadiansyah mengatakan, sebagian besar warga Jakarta sangat sulit menerapkan kehidupan normal baru dengan protokol kesehatan. Sebab, kehidupan normal baru hanya berlaku bagi masyarakat yang tinggal di hunian 'elite' saja.

"Enggak mungkin. Itu sangat sulit untuk menerapkan normal baru. DKI Jakarta ini ada yang tinggalnya di Menteng, di Pondok Indah ada yang di kampung-kampung kemudian di bantaran sungai ada juga masyarakat kita yang tinggal di pinggiran rel, jadi untuk menerapkan itu sangat tidak mungkin," katanya kepada merdeka.com, Kamis (28/5).

Dia menuturkan alasan kehidupan normal sulit dilakukan bagi warga Jakarta karena kriteria dasar seperti menjaga jarak fisik, tidak berkerumun, rajin mencuci tangan, mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah, tidak terpenuhi. Banyak kampung-kampung kumuh di Jakarta dengan sirkulasi udara tidak cukup baik.

Kendati demikian, ia mafhum jika pemerintah gencar menyuarakan kehidupan normal baru dengan pertimbangan ekonomi. Untuk itu, Trubus mengingatkan agar pemerintah harus cermat dalam mengambil kebijakan ini.

"Harus sangat hati-hati. Dilihat mana yang kiranya prioritas dari sisi keuangan tanpa menjadikan klaster baru penularan," ujarnya.

Baca Selanjutnya: Sementara itu Ketua DPRD DKI...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini