Masuk Bursa Capres 2024 Versi LSI, Anies Bilang 'Tahun 2019 Aja Belum Kelar'

Kamis, 4 Juli 2019 09:51 Reporter : Merdeka
Masuk Bursa Capres 2024 Versi LSI, Anies Bilang 'Tahun 2019 Aja Belum Kelar' anies baswedan. ©Liputan6.com/Ady Anugrahadi

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan tak banyak berkomentar mengenai namanya disebut sebagai salah satu kandidat calon presiden potensial di Pilpres 2024. Nama Anies mencuat sebagai salah satu pemimpin daerah berpeluang maju sebagai Capres 2024 berdasarkan survei dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI).

"Lha wong yang tahun 19 (2019) aja belum kelar, ini kok sudah ngomong 24 (2024)," ucap Anies saat ditanya namanya masuk daftar kepala daerah berpeluang maju sebagai Capres 2024 ditemui di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, Rabu (3/7).

Dalam suvei LSI, selain nama Anies, untuk tokoh dari kategori pemimpin daerah yang berpeluang maju sebagai capres, ada nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa yang masuk ke bursa Pilpres 2024.

Untuk kategori partai politik, LSI menyebutkan adanya Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Sandiaga Uno, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartanto, Komandan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimutri Yudhoyono (AHY), Politisi PDI Perjuangan Puan Maharani dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Dalam kategori selanjutnya, yakni pejabat di pemerintahan, nama-nama yang diprediksi oleh LSI Denny JA ialah Menteri Keuangan Sri Mulyani, Kepala BIN Budi Gunawan, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Peneliti LSI, Rully Akbar mengatakan, ada empat landasan yang dijadikan unsur kelaikan mereka maju sebagai pengganti Presiden Joko Widodo yang baru saja terpilih kembali di 2019.

"Pertama, adalah mereka yang pernah menjabat di pemerintahan pusat, kedua seorang ketua umum partai, ketiga memiliki jenjang sebagai pemimpin di pemerintahan daerah, keempat seorang dari profesional," kata Rully di Kantor LSI Denny JA, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (2/7).

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com [gil]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini