Marak Begal, Polisi Ingatkan Bersepeda Jangan Sendirian

Senin, 2 November 2020 12:56 Reporter : Merdeka
Marak Begal, Polisi Ingatkan Bersepeda Jangan Sendirian Bersepeda saat Libur Panjang. ©2020 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengakui, pesepeda belakangan ini menjadi incaran pelaku begal. Kepolisian telah memetakan kawasan rawan terjadi begal sepeda.

Selain itu, kepolisian terus mewanti-wanti pesepeda lebih hati-hati. Usahakan, jangan bersepeda sendirian.

"Bersepeda di jalur yang sudah disiapkan tetapi jangan sendiri. Kalau boleh berkelompoklah agar mengurangi niat para pelaku ini," kata dia di Polda Metro Jaya, Senin (2/11).

Yusri menyarankan, agar pesepeda menaruh barang-barang berharga seperti telepon genggam di tempat aman supaya tidak memancing pelaku begal.

"Kita imbau pengguna sepeda agar menjaga masing-masing keamanannya tolong barang-barang berharga disimpan di tempat-tempat yang tidak kelihatan," ujar dia.

Yusri menerangkan, pesepeda sebaiknya mencari rute yang cenderung ramai. Kepolisian telah memetakan rute yang dianggap rawan terjadinya begal sepeda antara lain Jalan MH Thamrin dan Jalan Sudirman sampai ke Medan Merdeka Barat dan Medan Merdeka Selatan. Kemudian di sekitaran Stasiun Kota.

Menurut Yusri, ruas jalan itu ramai dilalui kendaraan tapi pesepeda biasanya milih berkendara pada pagi hari. Berdasarkan hasil evaluasi pembegalan terjadi pada pukul 6 pagi sampai jam 9 pagi.

"Ini kan rawan," ucap dia.

Yusri menerangkan, Polda Metro Jaya bersama dengan Kodam Jaya, dan Dinas Perhubungan telah membentuk tim khusus untuk mempersepit ruang gelak pelaku begal.

"Kita turunkan ada yang pakai seragam melakukan penjagaan ada juga yang pakaian preman untuk memantau," ucap dia.

Reporter: Ady Anugrahadi

Sumber: Liputan6.com [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini