Lima tersangka tipu dokter lewat seminar

Jumat, 15 Juni 2012 14:48 Reporter : Eko Prasetya
Lima tersangka tipu dokter lewat seminar ilustrasi stetoskop. © benzinga.com

Merdeka.com - Lima tersangka penipuan dan pencemaran nama baik dokter melalui media elektronik berhasil ditangkap aparat Polda Metro Jaya. Kelima tersangka menggunakan modus membuat seminar tentang kinerja mutu dokter dan menghubungi seluruh dokter di Indonesia.

"Menghubungi para dokter mengatasnamakan ketua dan sekjen Ikatan Dokter Indonesia," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Rikwanto kepada wartawan saat rilis di Direktorat Reserse Kriminal Khusus, Jumat (14/6).

Rikwanto menambahkan, tersangka terdiri dari empat pria dengan inisial B (23) alias dokter SB, S (26), H alias AR (33), N (35)  dan satu perempuan berinisial H (22)

Kronologi dan pembagian peran menurut Rikwanto sangat rapi. B mengaku sebagai dokter SB dan menghubungi semua dokter terkait seminar dan mengarahkan korban ke mesin atm.

"Jadi mengarahkan korban ke mesin ATM dengan memasukan kode-kode yang diarahkan oleh pelaku sehingga uang yang berada di rekening korban pindah ke rekening pelaku," katanya.

Sementara itu, keempat pelaku yang lain berperan sebagai berikut, S berperan membantu menyediakan laptop untuk mencari nomor-nomor dokter. H ikut mencari nomor dan menyediakan rekening untuk menampung uang.

"Sedangkan AR dan N mengambil uang dari ATM yang telah disiapkan oleh  M yang kini masih buron," ucapnya.

Dari tangan kelima pelaku, polisi menyita barang bukti 70 kartu ATM berbagai bank, 15 unit handphone, tiga unit laptop, dua unit modem, sembilan buku tabungan berbagai bank, satu dokumen catatan nomer telpon, dua buku catatan nomor telpon dosen dan nomor rekening dan uang tunai Rp 2,6 juta.

"Tersangka dijerat dengan pasal 378 KUHP, 310 KUHP, 311 KUHP. Dan diduga masih banyak kelompok lain," tuturnya. [ren]

Topik berita Terkait:
  1. Penipuan
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini