Lewat Gerakan Menabung dengan Sampah, Anies Mau Kenalkan Literasi Perbankan ke Siswa

Senin, 14 Oktober 2019 10:46 Reporter : Tri Yuniwati Lestari
Lewat Gerakan Menabung dengan Sampah, Anies Mau Kenalkan Literasi Perbankan ke Siswa Anies Baswedan. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan Bank BNI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meresmikan Gerakan Ayo Menabung dengan Sampah. Sebagai pesertanya, para siswa di seluruh sekolah negeri di Jakarta.

Kegiatan yang sudah berlangsung sejak tahun 2018 lalu diharapkan mendorong para pelajar ikut mengelola sampah yang mereka hasilkan, langsung dari sumbernya. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyambut positif karena gerakan itu sekaligus mengenalkan literasi perbankan sejak dini pada pelajar.

"Saya mendukung acara ini untuk menjadi budaya menabung dan berinteraksi dengan perbankan atau institusi keuangan dengan awalnya para pelajar diajarkan, dibiasakan dan disiplinkan, nanti lama-lama jadi kebiasaan yang baik," kata Anies di Gedung Balai Kota Jakarta, Senin (14/10).

Ditambahkan anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Tirta Segara, kegiatan semacam ini inovasi baru dalam mendidik, mendorong literasi dan inklusi keuangan untuk kalangan pelajar

"Jadi bukan hanya mendorong gerakan menabung, tapi menabung dengan inovasi yaitu menabung dengan sampah. Jadi siswa dididik sekaligus bukan hanya hemat, bukan hanya menabung tapi juga memelihara lingkungan," katanya.

Untuk diketahui, pada Oktober 2018 lalu, gerakan menabung melibatkan peserta didik 223 sekolah negeri di seluruh kecamatan Jakarta Utara, dengan total 1876 siswa, 61 agen, dan peningkatan jumlah rekening mencapai lebih dari 120 ribu rekening, atau meningkat 34 % dari yang sebelumnya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini