Lelang Jabatan Sekda DKI Diminta Profesional, Tak Ada Campur Tangan Politik

Kamis, 8 Desember 2022 15:42 Reporter : Lydia Fransisca
Lelang Jabatan Sekda DKI Diminta Profesional, Tak Ada Campur Tangan Politik Gedung Balai Kota DKI Jakarta. ©2014 merdeka.com/muhammad lutfhi rahman

Merdeka.com - Pemprov DI Jakarta melakukan lelang jabatan untuk mencari sekretaris daerah (Sekda) definitif. Sebelumnya, Marullah ditunjuk menjadi Deputi Gubernur bidang Budaya dan Pariwisata.

Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, M. Taufik Zoelkifli (MTZ) berharap proses lelang jabatan Sekda sesuai dengan aturan yang ada.

"Kami (PKS) enggak minta apa-apa ya. Terserah saja Penjabat Gubernur. Tapi semuanya harus sesuai dengan peraturan yang ada dan sedapat mungkin itu yang profesional dalam arti bahwa tidak terlalu banyak campur tangan politik," kata MTZ kepada wartawan, Kamis (8/12).

Dia menegaskan, menjelang kontestasi pemilu 2024, seluruh agenda pemerintahan tidak boleh berafiliasi dengan politik.

"Soalnya kan memang, dari awal kita sadari bahwa tahun 2023, 2024, ini kan nanti menuju pemilu 2024 politik ini kan. Dari awal kita juga wanti-wanti tuh pelantikan penjabat gubernur, kan ada tiga pilihan tuh yang disampaikan DPRD, kita minta itu supaya sedapat mungkin netral gitu ya, tidak diindikasikan berpihak pada salah satu pihak gitu ya. Yang tidak partisan gitu lah kira-kira," jelas MTZ.

Sosok Sekda Pengganti Marullah

Meskipun demikian, MTZ menilai sosok yang pantas menjadi sekda adalah orang yang berpengalaman di pemerintah daerah (Pemda) DKI Jakarta

"Iya tapi sebaiknya orang yang sudah berpengalaman dalam Pemda DKI Jakarta, saya rasa begitu," kata MTZ.

Sebelumnya, Sekda Marullah Matali dilantik Heru Budi menjadi Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata pada Jumat, 2 Desember 2022. Sementara itu, posisi Sekda DKI Jakarta diisi Penjabat (Pj) Sekda yang ditempati oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah DKI Uus Kuswanto.

Adapun Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memiliki empat Deputi Gubernur, di antaranya Deputi Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, Deputi Bidang Pengendalian Kependudukan dan Pemukiman, Deputi Bidang Industri, Perdagangan dan Transportasi, serta Deputi Bidang Budaya dan Pariwisata.

Mengenai hal itu, Heru menyebut sementara ini Pemprov DKI Jakarta belum akan menunjuk tiga deputi lain selain Deputi Bidang Budaya dan Pariwisata.

"Sementara satu dulu," ucap Heru.

Heru juga mengatakan, penunjukkan Sekretaris Daerah (Sekda) definitif akan dilakukan melalui lelang jabatan terbuka atau open bidding.

"Terbuka, terbuka. Lagi pengumuman proses untuk pendaftaran," kata Heru saat ditemui di Jakarta Timur, Selasa (6/12).

Heru mengatakan, nama-nama yang sudah lolos seleksi akan dipilih oleh Presiden Joko Widodo.

"Ya kan nanti sekda ditentukan presiden. Sesuai Eselon I kan. Bapak presiden yang menentukan," tambah Heru.

Selain itu, Heru menyebut bahwa sekda definitif pengganti Marullah Matali bakal dilantik paling lambat akhir Januari 2023 mendatang.

"Pelantikan Sekda yang definitif? Kalau saya tanya dengan BKD itu mungkin satu setengah bulan lah dari mulai sekarang. Desember, akhir Januari lah, kan di-bidding," kata Heru Budi saat ditemui di Taman Lapangan Banteng ditemui usai acara Jakarta Cinta Disabilitas, Sabtu (3/12).

2 dari 2 halaman

Ada yang Sudah Membidiki

Menurutnya, ada seseorang yang berkomunikasi ke DPRD akan mendaftar sebagai sekda. Siapa orangnya, MTZ masih enggan menyebut namanya.

"Ada yang sudah komunikasi dengan baik ke DPRD juga, sudah ada (yang sesuai kriteria). Saya tidak mau berpendapat gitu, nanti takutnya mengganggu orang yang akan ini (mendaftar) ya," kata MTZ saat ditanya sosok yang berkomunikasi dengan DPRD DKI.

Lebih lanjut, MTZ berharap sekda definitif selanjutnya merupakan orang yang berpengalaman di pemerintah daerah (Pemda) DKI Jakarta.

"Iya tapi sebaiknya orang yang sudah berpengalaman dalam pemda DKI Jakarta, saya rasa begitu," ujarnya. [lia]

Baca juga:
Begini Tahapan Proses Lelang Jabatan Sekretaris Daerah DKI Jakarta
Jelang 2 Bulan Heru Pimpin Jakarta, Fraksi PDIP DKI: Kinerja Belum Tampak
PDIP DPRD DKI Harap Sekda Pengganti Marullah Sosok yang Lincah dan Komunikatif
Pemprov DKI akan Tambah Petugas Kebersihan di Sekitar Masjid Istiqlal
Dua Bamus Betawi Islah, Bentuk Organisasi Baru Dipimpin Marullah Matali

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini