Lelang jabatan camat dan lurah dibuka tanpa seremoni

Senin, 8 April 2013 14:28 Reporter : Muhammad Sholeh
Lelang jabatan camat dan lurah dibuka tanpa seremoni PNS. datakudatamu.wordpress.com

Merdeka.com - Mulai hari ini, sistem pendaftaran lelang jabatan camat dan lurah mulai dibuka dengan sistem online. Waktu pendaftaran mulai dibuka tepat pukul 10.00 WIB, 8 April-22 April 2013.

Kepala badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta I Made Karmayoga menjelaskan, pendaftaran lelang jabatan camat dan lurah tidak dibuka dengan acara seremonial. Namun, semua PNS di lingkungan Pemprov DKI Jakarta yang memenuhi persyaratan dapat mendaftarkan dirinya melalui website bkddki.jakarta.go.id.

"Enggak pakai acara seremoni, pokoknya jam 10.00 langsung on. Semua pakai sistem online," jelas Made, Jakarta, Senin, (8/4).

Saat ini, ada sekitar 25 jabatan lurah dan 3 jabatan camat yang kosong di wilayah DKI Jakarta. Jika program lelang jabatan ini berhasil, maka Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) bakal kembali meluncurkan lelang jabatan untuk posisi wali kota serta bupati.

Program lelang jabatan camat dan lurah yang digadang-gadang Jokowi itu diharapkan dapat dilakukan secara transparan dan independen. Namun demikian, tidak ada jaminan jika lelang jabatan itu terhindar dari proses titip-menitip seperti halnya penerimaan CPNS.

"Jaminannya apa? Kenyataan hari ini lurah harus dipaksa transparan baru mau terbuka masalah anggaran, karena ada instruksi disuruh tempel," kata Anggota Komisi A DPRD Taufiqurrahman saat dihubungi, Jakarta, Minggu (7/4).

Politisi Partai Demokrat itu memang berharap tidak ada titip-titipan dalam proses lelang jabatan camat dan lurah, termasuk intervensi dari partai politik yang ada.

"Jaminannya apa? Walaupun katanya online dan transparan. Juga mengenai dana yang digunakan, tidak boleh pakai dana CSR," tandasnya. [ren]

Topik berita Terkait:
  1. PNS
  2. Lelang Jabatan
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini