Ketua MPR Desak Pusat dan Pemprov DKI buat Langkah Permanen Atasi Banjir

Selasa, 25 Februari 2020 16:03 Reporter : Ronald
Ketua MPR Desak Pusat dan Pemprov DKI buat Langkah Permanen Atasi Banjir Bamsoet temui Jokowi di Istana. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Majelis Perwakilan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo mendesak pemerintah pusat dan daerah menyelesaikan permasalahan banjir yang merendam ibu kota dan sekitarnya. Ia meminta pusat dan daerah membuat langkah permanen agar banjir tak lagi jadi musibah langganan.

"Kita berharap agar pemerintah pusat maupun pemerintah daerah di seluruh Indonesia segera melakukan langkah antisipatif. Karena ini bukan yang pertama kali kita menghadapi musibah banjir, sehingga harus dilakukan langkah-langkah yang permanen agar banjir ke depan tidak terulang," katanya di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (25/2).

Katanya, salah satunya adalah meminta pendapat para ahli untuk atasi banjir. Selain itu, lanjutnya, membuat gorong-gorong agar air cepat disalurkan ke laut.

"Kemudian melakukan terobosan untuk memperbaiki sistem drainase atau saluran air di jalan-jalan, gorong-gorong sehingga langsung tersalurkan ke laut. Kalau tidak salah ada beberapa cara untuk mengoreksi banjir dengan membuat sumur-sumur resapan atau waduk-waduk, dengan kewenangan dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat," katanya.

Dengan langkah apapun, tambahnya, DPR akan mendukung penuh untuk atasi banjir.

"Kami hanya mendorong agar ini segera dilakukan langkah-langkah dan perbaikan," katanya. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini