Keppres pengunduran diri Sandiaga dari Wagub DKI sudah dikirim ke Anies

Selasa, 18 September 2018 12:14 Reporter : Merdeka
Keppres pengunduran diri Sandiaga dari Wagub DKI sudah dikirim ke Anies Sandiaga Uno. ©2018 Merdeka.com/Liputan6.com

Merdeka.com - Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sumarsono mengatakan Keputusan Presiden (Kepres) mengenai pengunduran diri Sandiaga Uno sebagai wakil gubernur DKI Jakarta sudah diterbitkan.

"Sudah (terbit) masih disegel," kata Sumarsono saat dihubungi di Jakarta, Selasa (18/9/2018).

Dia menyatakan surat tersebut sudah diserahkan ke Biro Pemerintah DKI Jakarta, yang selanjutnya disampaikan ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Setelah itu, kata Sumarsono, Anies akan menyampaikan Keppres tersebut ke Ketua DPRD DKI Jakarta. Sehingga proses pengisian wakil gubernur dapat dilaksanakan dan setiap partai pengusung berhak mengusulkan nama.

Pasangan Anies-Sandi di Pilkada DKI Jakarta 2017 diusung oleh Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Masing-masing partai satu nama dan dua calon diteruskan ke Ketua DPRD untuk dipilih satu," ucapnya.

Sebelumnya, Sandiaga Uno mengundurkan diri sebagai wakil gubernur DKI Jakarta guna mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2019. Keduanya telah mendata diri sebagai bakal capres dan cawapres ke KPU RI pada 10 Agustus 2018.

Terpisah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku pihaknya telah menerima Keputusan Presiden (Kepres) mengenai pemberhentian Sandiaga Uno sebagai wakil gubernur DKI.

"Jadi nanti saya baca nomornya jadi hari Senin kemarin saya menerima Keputusan Presiden yang mengatakan bahwa pernyataan berhenti bapak Sandiaga Salahuddin Uno sudah diresmikan presiden," kata Anies di Balai Kota.

Dia menyebut, proses mengenai pencalonan wakil gubernur DKI pengganti Sandiaga dari partai pengusung sudah dapat dilakukan.

Pasangan Anies-Sandi di Pilkada DKI Jakarta 2017 diusung oleh Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Jadi sesudah itu maka proses di dalam partai sudah bisa dilakukan," ucap dia.

Reporter: Ika Defianti

Sumber : Liputan6.com [noe]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini