Kemendagri: 132.345 Warga Jakarta Miskin Ekstrem

Kamis, 23 Juni 2022 05:30 Reporter : Yunita Amalia
Kemendagri: 132.345 Warga Jakarta Miskin Ekstrem Tingginya angka kemiskinan di Jakarta. ©2020 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Suhajar Diantoro meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta secara khusus memperhatikan masalah kemiskinan. Sebab, berdasarkan data terakhir tahun 2021, masih ada 132.345 warga Jakarta masuk kategori miskin ekstrem.

"Mengenai tingkat kemiskinan, hal ini perlu mendapat perhatian khusus, karena DKI Jakarta saat ini masih mencatat jumlah penduduk dengan kemiskinan ekstrem sebesar 132.345 jiwa," kata Suhajar saat menyampaikan sambutan di acara rapat paripurna dalam rangka HUT ke-495 DKI Jakarta, Rabu (22/6).

Ia memahami pandemi Covid-19 memiliki dampak terhadap peningkatan angka kemiskinan. Namun, imbuhnya, kondisi ini juga disebabkan karena ketimpangan pendapatan yang tercermin dari Gini Ratio DKI Jakarta yang sedikit memburuk, dari 0,399 pada tahun 2020 menjadi 0,409 pada tahun 2021.

"Masalah ini memerlukan keseriusan karena ketimpangan pendapatan berkorelasi kuat dengan kesenjangan sosial yang dapat menciptakan kerawanan, terutama di kota besar seperti Jakarta," kata dia.

Di sisi lain, tingkat kemiskinan di Jakarta memang menurun. Pada tahun 2020 tercatat ada 4,69 persen orang miskin di Jakarta.

Angka tersebut kemudian turun menjadi 4,67 persen pada tahun 2021. Kendati begitu, menurut Suhajar, angka tersebut masih di bawah target yang dicanangkan oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Meskipun demikian pencapaian ini masih belum memenuhi target yang ditetapkan oleh Pemerintah DKI Jakarta yaitu 3,85 persen," imbuhnya. [eko]

Baca juga:
Angka Kemiskinan di Jakarta Naik, Wagub DKI: Karena Ada Pandemi
Kisah Pilu Bayi Meninggal Usai Dilahirkan, Ibunya Ditahan Tak Bisa Bayar Tunggakan RS
Cerita Mereka yang Bertahan Hidup Hanya dengan Remahan Roti Basi
Siap Hapus Kemiskinan Ekstrem, Wagub Jateng Paparkan Strategi Ini

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini