Kapolda Metro Jaya akan tindak ormas lakukan sweeping selama Ramadan

Selasa, 31 Mei 2016 19:10 Reporter : Al Amin
Kapolda Metro Jaya akan tindak ormas lakukan sweeping selama Ramadan Irjen Moechgiyarto. ©istimewa

Merdeka.com - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Moechgiyarto memperingatkan kepada organisasi kemasyarakatan (ormas) untuk tidak main hakim sendiri selama bulan Ramadan. Termasuk ormas yang melakukan sweeping jika menemukan ada tempat hiburan malam atau minimarket menjual minuman keras yang menjual kadar alkohol di atas ambang yang diizinkan.

"Bapak-bapak tidak boleh main hakim sendiri. Berikan kepercayaan kepercayaan kepada kami yang diberikan kewenanangan oleh Undanf-Undang untuk menegakkan hukum," kata Moechgiyarto saat menggelar silaturahmi Kapolda Metro Jaya bersama pengelola industri pariwisata dan pimpinan ormas, Mapolda Metro Jaya, Selasa (31/5).

Namun dia mempersilakan, jika ada ada Ormas atau masyarakat menemukan tempat usaha yang melanggar peraturan selama bulan Ramadan, seperti menjual minuman keras melaporkan kepada aparat kepolisian. Dia juga meminta masyarakat untuk melaporkan anggota polisi yang tidak menindaklanjuti laporan mereka.

"Saya sudah sampaikan jajaran saya, saya tidak main-main. Jika ada anggota saya, misal Kapolsek yang tidak menindaklanjuti laporan masyarakat, akan saya copot," tegas jenderal polisi bintang dua itu.

Mantan Kapolda Jawa Barat itu menambahkan, masyarakat memang diberi kewenangan melakukan tangkap tangan jika ada pihak yang melakukan pelanggaran hukum. Namun, lanjutnya, ada baiknya masyarakat melaporkan hal tersebut kepada kepolisian.

"Tapi permasalahan, perhitungkan, apa kita mampu melakukan itu. Kalau anda mampu silakan. Tapi jangan menimbulkan ekses hukum," tandasnya. [gil]

Baca juga:
Jaga kenaikan harga sembako Ramadan, pemerintah janji rajin blusukan

Selama bulan Ramadan, Pemprov DKI izinkan pelayanan Spa dibuka

Menu buka puasa favorit si cantik Tatjana Saphira, apa itu?

Bulan puasa jam kerja PNS DKI dipangkas, diharapkan kurangi macet

Selama Ramadan, diskotek dan griya pijat tutup, spa boleh buka

Aktifkan operasi pasar, Bulog Malang klaim gula sudah makin murah

Ramadan, jam kerja PNS di Yogyakarta dikurangi 5 jam dalam sepekan

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Ramadan 2016
  3. Ormas Sweeping
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini