Jokowi teladani kepemimpinan Umar bin Khattab

Jumat, 21 September 2012 14:41 Reporter : Ramadhian Fadillah
jokowi. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Wali Kota Solo Joko Widodo berusaha menjadi pemimpin yang amanah. Jokowi selalu mengaku mementingkan rakyatnya dibanding kepentingan pribadi.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon mengatakan Jokowi berusaha meneladani kepemimpinan khalifah Umar bin Khattab. Demikian isi blackberry messenger, Jumat (21/9).

Berikut keteladanan Umar yang berusaha dikuti Jokowi:

1. Umar bin Khattab mengunjungi rakyat di pasar dan rumah-rumah mereka secara langsung, bukan diwakili, begitu juga Jokowi.

2. Saat mengunjungi rakyat, Umar bin Khattab tidak membawa orang untuk mengawalnya karena alasan keamanan disebabkan rasa takut. Begitu juga dengan Jokowi, karena dengan keadilannya memimpin, rakyat mencintai bukan membenci.

3. Umar bin Khattab pernah melakukan perjalanan dengan pembantunya, dengan 1 unta yang ditunggangi bergantian. Saat giliran pembantunya naik unta, mereka tiba di kota tujuan, dan orang menyangka pembantunya adalah Khalifah. Sama dengan Jokowi yang punya ajudan yang orang sangka dia yang jadi Wali kota, bukan Jokowi.

4. Umar bin Khattab biasa memakan makanan/menu yang dimakan oleh rakyat miskin, Jokowi biasa makan di warteg apa adanya.

5. Umar bin Khattab biasa dikelilingi orang miskin hingga berdempetan mereka dalam duduk, Jokowi biasa berdesakan dengan rakyat dalam transportasi yang penuh sesak. Kalau pejabat yang lain mana berani, di lingkar pertama selalu pengawal dan orang-orangnya, bukan rakyat.

6. Umar bin Khattab sebagai khalifah disediakan gaji dari Baitul Maal, tapi tidak mengambilnya. Jokowi juga begitu.

7. Umar bin Khatab memegang jabatan Khalifah bukan karena keinginan pribadi, tapi karena diajukan oleh orang lain, Jokowi maju jadi cagub juga bukan karena ambisi pribadi mencalonkan diri, tapi karena diajukan oleh orang lain. [ian]

Topik berita Terkait:
  1. Gubernur Jakarta
  2. Jokowi
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.