Jokowi: Penataan jaringan kabel akan dimulai tahun depan

Senin, 11 November 2013 22:01 Reporter : Saugy Riyandi
Jokowi: Penataan jaringan kabel akan dimulai tahun depan Jokowi. ©2013 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Melihat semrawutnya jaringan kabel yang ada di saluran-saluran air menyebabkan adanya genangan-genangan air dan banjir di Jakarta. Menanggapi hal itu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) berencana untuk menata jaringan kabel tersebut.

Namun, Jokowi mengatakan penataan tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama mencapai 10 tahun. Jokowi akan membuat tempat pemasangan kabel listrik atau ducting untuk menata jaringan tersebut.

"Total pembangunan Ducting di Jakarta itu lama, 10 tahunan. Itu cukup sulit ngerjainnya," ujar Jokowi di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Senin (11/11).

Jokowi menegaskan pembangunan ducting menjadi sangat penting. Alasannya, ducting nantinya akan menyatukan seluruh jaringan kabel serta pipa yang selama ini ada di dekat saluran pembuangan air. Lalu, lanjut dia, pembangunan ducting tidak akan mengakibatkan infrastruktur di DKI Jakarta.

"Aturannya itu ditanam 1,3 meter, ini coba lihat, hanya 10 cm saja. Sudah gitu nanti digali, ditambal lagi, rusak deh," kata dia.

Jokowi menambahkan Pemprov DKI Jakarta akan memulai membangun ducting pada tahun depan. Pasalnya, Jakarta tertinggal jauh dengan kota-kota besar di negara-negara berkembang lainnya.

"Mulai tahun depan kita bangun ducting. Anggaran ada," pungkas dia. [dan]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jokowi Ahok
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini