Jokowi kaget, piala Bung Karno di makam Husni Thamrin hilang

Kamis, 20 Juni 2013 10:48 Reporter : Nurul Julaikah
Jokowi kaget, piala Bung Karno di makam Husni Thamrin hilang Kirab Budaya-Jikowi. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Usai, berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo melanjutkan ziarah ke TPU Karet Bivak. Jokowi meletakkan karangan bunga di makam tokoh Betawi Mohammad Husni Thamrin dengan didampingi oleh keluarga Thamrin. Ziarah ini dalam rangka peringatan HUT ke-486 Jakarta.

"Ini dalam rangka HUT DKI Jakarta. Saya ingin memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya pada para pahlawan, pejuang, dan juga para sesepuh kita di DKI, baik yang gubernur baik yang wali kota yang ada di TMP Kalibata maupun di TPU ini," ujar Jokowi di TPU Karet Bivak, Kamis (20/6).

Usai ziarah di makam Husni Thamrin, Jokowi lalu melanjutkan peletakan karangan di makam Ismail Marzuki.

Sebelumnya, salah seorang menantu Husni Thamrin menceritakan kepada Jokowi bahwa makam mertuanya tersebut didesain oleh Presiden Soekarno. Namun, sebuah piala yang awalnya diletakkan di depan makam ternyata sampai saat ini tidak diketahui keberadaannya.

Mendengar pengaduan itu, Jokowi pun berinisiatif untuk membantu mencari dan mengembalikan piala tersebut.

"Saya juga baru dengar. Makam didesain oleh Bung Karno, ada batunya juga di atas. Dulu di depan makam ada piala yang hilang. Itu mau saya cari. Enggak tahu bentuknya, baru mau nyari. Piala itu kecil. Fotonya mungkin kita bisa observasi. Ini (inisiatif) dari kita, tadi diceritain. Kembalikan lagi ke aslinya," ucapnya.

Mohammad Husni Thamrin meninggal 11 Januari 1941 pada umur 46 tahun. Dia dikenal sebagai salah seorang politisi era Hindia Belanda yang kemudian dianugerahi gelar pahlawan nasional Indonesia.

Dia dikenal sebagai salah satu tokoh Betawi dari organisasi Kaoem Betawi yang pertama kali menjadi anggota Volksraad (Dewan Rakyat) di Hindia Belanda, mewakili kelompok pribumi. Namanya kini diabadikan sebagai salah satu jalan protokol di pusat bisnis Jakarta. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. HUT Jakarta
  2. Jokowi Ahok
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini