JIS Dinilai Belum Standar Internasional, Wagub DKI: Memang Harus Disempurnakan

Senin, 12 September 2022 14:58 Reporter : Merdeka
JIS Dinilai Belum Standar Internasional, Wagub DKI: Memang Harus Disempurnakan Jakarta International Stadium. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menanggapi soal infrastruktur Jakarta International Stadium (JIS) yang belakangan dikritik Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Riza menyatakan, PSSI ingin JIS memenuhi standar internasional.

"Ya sebenarnya kan begini. Jadi teman-teman dari PSSI ingin bahwa JIS itu memenuhi standar internasional," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (12/9/2022).

Riza menyebut, JIS dibangun tak sekedar bagus dan megah saja. Namun, Riza mengklaim JIS telah memenuhi standar internasional.

Kendati demikian, menurut Riza memang ada sejumlah fasilitas JIS yang perlu disempurnakan. Riza tak menjelaskan secara rinci fasilitas tersebut. Dia memastikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI, akan melakukan penyempurnaan.

"Sebetulnya JIS itu dibuat sedemikian tidak hanya bagus megah dan lain-lain juga memenuhi standar internasional. Nanti ada beberapa yang memang harus disempurnakan, kita akan sempurnakan," jelas Riza.

2 dari 2 halaman

Lebih lanjut, menurut Riza selain kapasitas yang besar dan memenuhi standar internasional, PSSI meminta beberapa tambahan syarat yang harus dipenuhi JIS. Sayangnya, Riza juga tak menyebut secara lugas mengenai persyaratan tersebut.

Sebelumnya, PSSI telah selesai melakukan uji kelayakan Jakarta International Stadium atau JIS jelang laga antara timnas Indonesia dan Curacao dalam FIFA match day. JIS dianggap belum layak untuk menggelar FIFA matchday.

Laga pertama pada 24 September 2022 bakal dilangsungkan di Gelora Bandung Lautan Api. JIS awalnya direncakan jadi tempat berlaga kedua Timnas Indonesia vs Curacao pada 27 September 2022.

Berdasarkan hasil inspeksi tim Infrastructure Safety and Security PSSI, sejumlah infrastruktur JIS dianggap belum memenuhi kelayakan 100 persen infrastruktur.

Diantaranya yakni di area drop off tim fan sirkulasi aktivitas terkait pertandingan di outer perimeter menumpuk di barat utara. Bahkan concourse timur, dinyatakan belum dapat digunakan. [ded]

Baca juga:
JIS Dinilai Tidak Layak untuk Timnas, PSSI Jadi Bulan-bulanan Netizen
JakPro: JIS Mirip Stadion di Eropa, Proses Perencanaan dan Desain Didampingi FIFA
JIS Bakal Dipakai untuk Pertandingan Timnas Indonesia Vs Curacou
PSSI Nilai JIS Belum Layak Gelar Laga FIFA Matchday Indonesia vs Curacao
Anies Ubah RS Jadi Rumah Sehat, PDIP: Pengalihan Isu Pagar JIS Roboh
Jawaban Jakpro atas Tudingan Inspektorat DKI soal Mitigasi Resiko Pembangunan JIS

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini