Interpelasi Formula E Menggantung, PDIP Dorong Pimpinan Dewan Lanjutkan Paripurna

Rabu, 13 Oktober 2021 14:30 Reporter : Yunita Amalia
Interpelasi Formula E Menggantung, PDIP Dorong Pimpinan Dewan Lanjutkan Paripurna Formula E. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Fraksi PDIP di DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono akan mendorong pimpinan DPRD melanjutkan kembali rapat paripurna interpelasi Formula E yang sempat tertunda. Gembong menginginkan dilanjutkan tidaknya interpelasi harus disepakati dalam forum resmi seperti paripurna.

"Nanti kami coba dorong pimpinan untuk menjadwalkan kembali begitu. Persoalannya itu kan kadang-kadang salah menanggapi persoalan interpelasi ini," ucap Gembong, Rabu (13/10).

Gembong menuturkan, dorongan agar paripurna dilanjutkan kembali agar permasalahan Formula E dapat terjawab dengan jelas. Sebab menurutnya, penolakan tentang ajang balap mobil listrik itu semakin menguat dikarenakan dugaan banyaknya ketidakterbukaan Pemprov dalam persiapannya.

Kendati demikian, Gembong mengakui sudah tidak ada lagi komunikasi politik dengan fraksi selain PSI, agar melanjutkan interpelasi Formula E.

"Saya pikir percuma juga kita lobi, pada ujungnya kan keputusan partai masing-masing," ujarnya.

Sebelumnya pada Selasa (28/9) rapat paripurna DPRD DKI Jakarta dengan agenda interpelasi Formula E ditunda. Rapat tidak kuorum karena hanya dihadiri oleh Fraksi PDIP dan PSI saja.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi menunda rapat itu usai perwakilan fraksi maupun anggota menyampaikan pandangannya. Rapat tersebut hanya dihadiri oleh 32 orang anggota DPRD dari Fraksi PDI Perjuangan dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Izin sebelum kami putuskan, kami akhiri, kuorumnya di dalam forum ini juga tidak kuorum 50 plus 1, jadi rapat paripurna pengusulan interpelasi kami skors. Saya ralat, bukan diskors, tapi ditunda," kata Prasetio saat memimpin rapat, di ruang paripurna gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (28/9).

Menurut Prasetyo tak masalah rapat tetap dilaksanakan meski jumlah anggota dewan yang hadir tidak kuorum. Ia pun tidak menjelaskan kapan rapat paripurna selanjutnya akan digelar.

"Kan kita minta pandangan juga ke teman-teman, apa sih usulannya. Saya sebagai pimpinan, boleh dong tidak mengambil keputusan hari ini, jadi boleh, enggak ada keputusan hari ini," ucapnya.

Diketahui, rapat paripurna tersebut bakal menentukan akankah DPRD melakukan interpelasi atau tidak. Saat ini, sudah ada 33 anggota DPRD dari Fraksi PDIP dan PSI yang menandatangani usulan hak interpelasi. Adapun total jumlah wakil rakyat DKI di Kebon Sirih itu saat ini mencapai 105 orang.

Sementara, tujuh fraksi lain di DPRD yakni Gerindra, PKS, Nasdem, Demokrat, Golkar, PAN, PKB-PPP, menyatakan menolak untuk hadir dalam rapat paripurna.

Baca juga:
FEO Bakal Tinjau Pilihan Sirkuit Formula E di Jakarta
Alasan Setneg Tak Izinkan Formula E di Monas: Getaran Berpotensi Merusak
Setneg Tak Restui Formula E Digelar di Monas
PSI Sebut Rapat Bamus Penjadwalan Ulang Interpelasi Formula E Hanya Dihadiri 2 Fraksi
PSI Pastikan Tetap Perjuangkan Interpelasi Formula E
PDIP Soal Rencana Formula E di Pulau Reklamasi: Gubernur Pro Lingkungan atau Tidak?

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini