Ini Solusi Agar Udara Jakarta Tak Berpolusi

Selasa, 30 Juli 2019 05:30 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Ini Solusi Agar Udara Jakarta Tak Berpolusi Kabut pekat selimuti Jakarta. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho

Merdeka.com - Polusi di DKI Jakarta makin parah. Data AirVisual menunjukkan jika Jakarta menjadi kota urutan pertama sebagai udara terburuk. Kabar ini cukup mengejutkan karena artinya Ibu Kota sudah tercemar polusi sangat tinggi.

Banyak faktor yang menyebabkan Jakarta menduduki posisi pertama sebagai kota udara terburuk. Meski begitu Pemda Jakarta tak tinggal diam. Berbagai solusi disiapkan untuk mengurangi polusi di Jakarta. Apa penyebab Jakarta berpolusi tinggi dan bagaimana solusinya? Berikut ulasannya:

1 dari 4 halaman

Transportasi, Penyebab Jakarta Udara Buruk

Banyak faktor yang menyebabkan DKI Jakarta menjadi kota dengan polusi terburuk. Salah satu penyebab yang paling tinggi ialah transportasi. Banyaknya kendaraan di Jakarta memunculkan udara kotor. Apalagi ada sekitar 17 juta kendaraan bermotor di Jakarta, yang tentunya menghasilkan polusi buruk.

"(Penyebab) polusi udara (di Jakarta) 75 persen itu transportasi. Selebihnya, aktivitas industri dan domestik," kata Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta Andono Warih, beberapa waktu lalu.

2 dari 4 halaman

Musim Kemarau

Selain transportasi, penyebab lain polusi udara buruk di Jakarta yaitu musim kemarau dan pembangunan infrastruktur. Musim kemarau dinilai berperan besar terhadap meningkatnya polusi di Ibu Kota. Sementara pembangunan infrastruktur menimbulkan debu. Debu itu masuk dalam kategori Particulate Matter (PM), salah satu item mengukur indeks pencemaran udara (polusi udara).

"Perlu saya sampaikan, proyeksi cuaca di Indonesia dan di Pulau Jawa termasuk di Jakarta, akan menghadapi musim kering. Dan musim kering ini telah berkontribusi terhadap bagaimana kondisi kualitas udara di Jakarta," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI, Jakarta, Selasa (2/7/2019).

3 dari 4 halaman

Gunakan Kendaraan Ramah Lingkungan

Pemda DKI Jakarta telah menyiapkan berbagai solusi agar Ibu Kota berkurang dari polusi. Salah satu solusi yang bakal dilakukan dengan mendorong warga menggunakan kendaraan ramah lingkungan. Seperti kendaraan energi listrik.

"Arah kita jelas, mulai dari kendaraan umum, kita dorong untuk menggunakan energi yang tidak merusak lingkungan, khususnya listrik, itu arah kita ke sana. Tapi itu bertahap," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, beberapa waktu lalu.

4 dari 4 halaman

Beralih Ke Transportasi Umum

Solusi mengurangi buruknya kualitas udara di Jakarta dengan 'memaksa' warga beralih ke transportasi massal dan membatasi kendaraan pribadi.

"Kalau orang banyak menggunakan angkutan umum dengan sendirinya polusi udara akan lebih rendah," kata Ketua Dewan Transportasi Jakarta (DTKJ) Iskandar Abu Bakar, beberapa waktu lalu.

Selain itu, aturan uji emisi pada semua kendaraan bermotor juga dinilai sebagai solusi untuk mengurangi polusi. Selama ini, uji emisi gas buang dilakukan hanya ditujukan pada kendaraan umum saja. Padahal jumlah kendaraan pribadi jauh lebih banyak dari kendaraan umum. [has]

Baca juga:
Kurangi Polusi Udara, Grab Akan Kembangkan Kendaraan Lisrik di Jakarta
Pagi Ini, Kualitas Udara Jakarta Terburuk di Dunia
Data AirVisual: Kualitas Udara DKI Jakarta Minggu Pagi Tidak Sehat
Cegah Polusi Udara, Pemprov DKI Akan Bagikan Lidah Mertua
Udara Buruk, Warga Jakarta Diimbau Beraktivitas Pakai Masker
Kurangi Polusi Udara, Pemprov DKI Jakarta Gelar Uji Emisi Gratis

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini