Ini Rangkaian Acara Lebaran Betawi di Monas

Jumat, 19 Juli 2019 10:48 Reporter : Merdeka
Ini Rangkaian Acara Lebaran Betawi di Monas Lebaran Betawi. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Pemprov DKI Jakarta kembali menyelenggarakan Lebaran Betawi ke-12 selama tiga hari, yakni mulai tanggal 19-21 Juli 2019 di Lapangan Silang Monas Barat Daya, Jakarta Pusat. Ketua Panitia Lebaran Betawi M Rifqi mengatakan kegiatan ini dimeriahkan oleh beragam acara yang mengandung unsur kesenian khas Betawi.

Di antaranya yakni shohibul hikayat, tanjidor, gambus, marawis, palang pintu, tarian Betawi, atraksi silat Betawi, gambang kromong, hingga lenong.

Untuk kegiatan pada Minggu, 21 Juli 2019, Rifqi menyebut akan diselenggarakannya karnaval budaya. Lebaran Betawi ini mengusung tema 'Dengan Budaye Kite Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Indonesia'.

"Hari ketiga ini turut dimeriahkan dengan acara puncak, yaitu sorendo-rendo, karnaval budaya nusantara," kata Rifqi melalui siaran pers resmi Pemprov DKI Jakarta, Jumat (19/7).

Menurut dia, karnaval tersebut diikuti sebanyak 2 ribu peserta dengan mengenakan pakaian adat berasal dari lima kota dan kabupaten di DKI Jakarta.

Untuk parade, peserta akan berjalan kaki mulai dari Balai Kota Jakarta, berputar di Bundaran Air Mancur Arjuna Wiwaha, kemudian masuk ke Pintu Barat Daya Monas (Pintu Patung Thamrin). Rangkaiannya dijadwalkan mulai malam ini pukul 19.00 WIB.

"Lalu pada hari kedua, akan dimulai dari pukul 08.00 WIB pagi yang dimeriahkan oleh sejumlah pertunjukan khas Betawi," ucapnya.

Selanjutnya, kata Rifqi pada Sabtu (20/7/2019) akan diakhiri dengan pemutaran film layar tancap pada pukul 21.30 WIB. Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan direncanakan hadir pada hari ketiga penyelenggaraan Lebaran Betawi untuk mengikuti Prosesi Hantaran.

Rifqi menyebut hantaran merupakan tradisi mengantarkan makanan dan minuman kepada yang dituakan.

"Gubernur Anies juga akan memberikan penghargaan kepada 2 (dua) ulama Betawi, dua seniman Betawi, dan dua guru Silat Betawi," jelasnya.

Reporter: Ika Defianti

Sumber: Liputan6.com [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini