Ini Faktor yang Membuat Pemprov DKI Kembali Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian

Rabu, 15 Mei 2019 13:06 Reporter : Merdeka
Ini Faktor yang Membuat Pemprov DKI Kembali Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian Anies Baswedan di Rapat Paripurna DPRD DKI. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan rasa syukurnya atas keberhasilan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Pencapaian tersebut disampaikan dalam rapat paripurna di DPRD DKI Jakarta.

Menurut Aneis, keberhasilan ini juga berkat kerja keras dari seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD), serta pejabat pengelola barang.

"Kita semua merasa bangga dan ini adalah kerja keras seluruh jajaran yang luar biasa. Terutama dalam pencatatan pengelolaan aset, karena itu adalah PR kita yang paling besar dan kita semua," tutur Anies usai rapat paripurna perihal laporan keuangan di DPRD DKI Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Anies menyatakan, jajaran yang hadir saat rapat paripurna juga banyak. Sehingga, hal itu dinilainya menandakan bahwa perjuangan untuk mendapat WTP sangatlah sungguh-sungguh.

Dia menegaskan, Pemprov DKI Jakarta pun akan terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu laporan keuangan.

"Jadi saya sampaikan juga tadi bahwa diperolehnya WTP bukan berarti kita selesai sampai puncak, tidak. Ini artinya kita harus terus-menerus meningkatkan, dan kedepan PR-PR yang masih ada akan segera kita tuntaskan," ujarnya.

Anies menambahkan, masalah aset milik Pemprov DKI Jakarta yang kerap menjadi temuan oleh BPK juga telah memiliki sistem penyelesaian tersendiri.

Dia menyatakan, Pemprov DKI Jakarta bahkan memiliki majelis untuk penataan aset yang diklaim Anies merupakan satu-satunya di Indonesia.

"Jadi secara umum kita sudah menyiapkan sistemnya untuk menyelesaikan. Karena banyak aset-aset lama kita yang pencatatannya itu tidak selalu rapi. Aset DKI tuh dari mulai tahun 50an, 60an, 70an, nah tapi sekarang kita sudah on the right track, sudah ditata dengan rapi," ucap Anies.

"Jadi apa yang kita kerjakan 2 tahun ini adalah diseriusi untuk dicatat dengan sistem akuntansi keuangan yang benar, begitu itu dilakukan, ya alhamdulillah kemudian kita bisa mendapatkan opini yang baik ini," ia mengakhiri.

Reporter: Ratu Annisa Suryasumirat
Sumber: Liputan6.com [ded]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini