Ini biaya jahit pakaian pelantikan Anies Baswedan

Kamis, 12 Oktober 2017 14:08 Reporter : Hari Ariyanti
Anies-Sandi jalani sesi pemotretan. ©2017 Merdeka.com/Hari Ariyanti

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan melakukan fitting baju seragam yang akan digunakan dalam pelantikan nanti. Baju itu dijahit oleh penjahit langganan Pemprov DKI Jakarta, Thio Ahmad Hendra (64).

Thio mengatakan ada empat setel seragam Anies Baswedan yang dia kerjakan yaitu satu setel seragam PDBU berwarna putih, dua setel seragam PDH, dan satu setel baju dinas kemeja putih. Mengenai ongkos jahitnya, seragam PDBU yang paling mahal yaitu Rp 3 juta.

"Saya standar terima upah jasanya saja satu setel jas itu Rp 2,5 juta. Terus kalau ini PDU karena bahannya putih dan susah jahitnya, tukang jahit saya, saya tambah Rp 500 ribu jadi Rp 3 juta," jelasnya.

Sementara, untuk baju, dia pasang tarif Rp 300 ribu per potong. Begitu juga untuk satu potong celana. Sementara kain disiapkan khusus Pemprov DKI Jakarta.

Thio mengaku baru pertama kali menjahit baju untuk Anies Baswedan. Dia diberi waktu sebulan menyelesaikan empat setel seragam itu. "Saya senang sekali mengerjakan ini," kata dia.

Selama mengerjakan seragam-seragam itu, tak ada permintaan khusus dari Anies. Dia juga selalu dihubungi jika masih ada yang kurang dengan seragam agar segera diperbaiki.

Thio telah bekerja sebagai tukang jahit sejak 1970. Pada 1977, dia membuka usaha sendiri yang berlokasi di Muara Karang Jakarta Utara dan sejak saat itu menjadi langganan Pemprov DKI Jakarta.

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada 16 Oktober mendatang. Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta dan dijadwalkan pada pukul 16.00 WIB. [rzk]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.