Ingin Antarmoda Integrasi, Anies Akan Bangun Simpang Temu Lebak Bulus

Rabu, 8 Desember 2021 12:52 Reporter : Merdeka
Ingin Antarmoda Integrasi, Anies Akan Bangun Simpang Temu Lebak Bulus Anies Baswedan mencanangkan pembangunan simpang temu di Lebak Bulus. ©2021 Merdeka.com/Ika Defianti

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mencanangkan pembangunan simpang temu di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Simpang temu ini untuk mengintegrasikan antarmoda transportasi di Ibu Kota.

Anies menjelaskan, simpang temu tersebut diproyeksikan menjadi media penghubung pejalan kaki dari Stasiun MRT Lebak Bulus menuju transit plaza, Lebak Bulus.

"Ini juga sekaligus mendukung terwujudnya integrasi antarmoda di kawasan tersebut yang merupakan pertemuan berbagai moda transportasi seperti MRT Jakarta, Transjakarta, dan transportasi daring," kata Anies dalam keterangan tertulis, Rabu (8/12).

Keberadaan simpang temu diharapkan mempermudah masyarakat yang ingin menggunakan kendaraan umum. Dia mengatakan pembangunan pengintegrasian antarmoda merupakan salah satu fase dalam proses Jakarta menuju kota yang resilience dan kota yang mengadopsi prinsip pembangunan berkelanjutan.

"Kita menginginkan warganya dapat tinggal dengan nyaman, dan ada kemudahan berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lainnya melalui moda transportasi yang terpadu dan terkoneksi di simpang temu Lebak Bulus ini," ucapnya.

Lanjut Anies, pembangunan simpang temu Lebak Bulus merupakan bentuk realisasi pengembangan Kawasan Berorientasi Transit (KBT) Lebak Bulus. Sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 57 Tahun 2020 tentang Panduan Rancang Kota Kawasan Pembangunan Berorientasi Transit Lebak Bulus.

Nantinya, PT MRT Jakarta (Perseroda) juga mendapat penugasan untuk pengembangan lokasi KBT lainnya di Dukuh Atas, Blok M, Senayan, Fatmawati, dan Lebak Bulus.

Selain itu, pembangunan tersebut juga sesuai Instruksi Gubernur Nomor 49 Tahun 2021 tentang Penyelesaian Isu Prioritas Daerah Tahun 2021-2022.

"Simpang temu ini akan menyediakan titik transit multi moda dari stasiun MRT Lebak Bulus berupa jembatan interkoneksi sepanjang ± 200 meter menuju Transit Plaza yang memiliki fasilitas pendukung berupa parkir sepeda, kiss and ride, pemberhentian Transjakarta, dan pemberhentian transportasi daring di dalam area taman seluas ± 2.000 meter persegi," jelas Anies merinci.

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com [lia]

Baca juga:
NasDem Soal Dukung Anies di Pilpres 2024: Gubernur Hebat, Deklarator NasDem
Dua Faktor yang Dapat Ubah Peta Politik di 2024
Pemprov DKI Tegur Kontraktor Sumur Resapan Ganggu Kenyamanan
Dinas SDA DKI Klaim Telah Evaluasi Kontraktor Pembangunan Sumur Resapan
Anies Baswedan Instruksikan Kontraktor Pembangunan Sumur Resapan Dievaluasi
Anies Ingin Transportasi Umum Menjangkau Semua Warga juga Penyandang Disabilitas

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini