Ikan Terdampar di Pantai Utara Hilang, Ini Kata Saksi Mata

Kamis, 1 Desember 2022 14:14 Reporter : Lydia Fransisca
Ikan Terdampar di Pantai Utara Hilang, Ini Kata Saksi Mata Fenomena Ikan Naik ke Permukaan di Pulau Seribu Bikin Heboh, Ini Penampakannya. ©2022 Merdeka.com/tiktok @hijiwanci

Merdeka.com - Ribuan ikan di sekitar Pantai Mutiara dekat Apartemen Regatta, Jakarta Utara, naik ke daratan dan berserakan di sekitar area tanggul pantai pada Selasa (29/11) lalu.

Salah satu Warga Pantai Mutiara yang enggan disebut namanya itu menceritakan, ikan tersebut diambil dan dibawa oleh karyawan sekitar.

"Itu Selasa siang kalau enggak salah (kejadian ikan muncul ke darat). Malamnya saya ke sana sudah sisa-sisa dikit. Katanya diambilin ojek-ojek yang antar barang ke situ (apartemen), sama karyawan (diambil). Ada petugas sampah juga yang istirahat di situ (ambil)," katanya.

Ia juga mengatakan, ikan-ikan tersebut sekarang sudah tidak ada di sekitar tanggul.

"Kalau dari video (yang didapat), itu ikannya masih loncat-loncat gitu sih. Kalau sekarang mah, sudah enggak ada. Sudah bersih," tambahnya.

2 dari 3 halaman

Di lain sisi, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta telah mengambil sampel air laut dan ikan tersebut untuk diteliti lebih lanjut.

“Tadi pagi kami ke lapangan dan mengambil sampel dimaksud (untuk) uji laboratorium. Sampel yang diambil adalah air laut dan ikannya,” kata Kepala Dinas KPKP DKI Suharini Eliawat kepada merdeka.com saat dikonfirmasi.

Meskipun demikian, Eli mengatakan bahwa pengujian di laboratorium belum usai sehingga hasilnya belum dapat diumumkan.

“Hasilnya nanti saya konfirmasi kembali ya,” tambah Eli.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo mengatakan, fenomena segerombolan ikan naik ke darat sering terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Ia juga mengatakan, masyarakat tidak perlu panik karena ini merupakan fenomena umum.

"Ya memang fenomena ini kerap kali terjadi di beberapa wilayah dan tidak hanya sekarang saja tapi juga di beberapa waktu yang lalu, di tahun kemarin, dua tahun kemarin. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, panik, apalagi dikaitkan dengan terjadinya gempa, tidak ada kaitannya ya," kata Eko kepada merdeka.com, Kamis (1/12).

3 dari 3 halaman

Tidak hanya ikan kecil, Eko mengungkapkan ada ikan paus dan hiu yang sempat terdampar di darat.

"Bahkan ada ikan-ikan yang jauh lebih besar seperti paus dan hiu, banyak terdampar di beberapa wilayah. Sebut saja di NTT, di utara Jawa Timur, selatan Jawa Timur, lain-lain sebagainya," tambah Eko.

Meskipun demikian, BMKG belum dapat memprediksi kapan ikan-ikan tersebut ke daratan. Namun, selama empat tahun terakhir, fenomena ikan ke daratan muncul setiap tahun.

"Masih belum bisa diprediksikan (kapan ke darat). Dalam 4 tahun terakhir, sepertinya terjadi tiap tahun," ujar Eko.

Lebih lanjut, Eko mengungkapkan, penyebab fenomena ini masih perlu penelitian lebih dalam. Namun, ia menduga hal ini disebabkan kadar oksigen di pesisir lebih baik daripada di tengah laut.

"Penyebabnya memang masih dalam kajian yang belum tuntas ya. Para peneliti masih menduga bisa disebabkan oleh kadar oksigen di pesisir atau di sekitar garis pantai lebih baik daripada di tengahnya," kata Eko.

Selain itu, para peneliti menduga kesuburan air laut di pesisir lebih baik dibandingkan di tengah laut.

"Juga kajian atau dugaan terkait kesuburan air laut ya, di garis pantai pesisir Ini lebih baik atau lebih bagus kondisinya daripada di tengahnya sehingga mendorong ikan-ikan berkumpul pada bergerombol ya di daerah sekitar garis pantai," jelas Eko.

Baca juga:
BMKG Sebut Fenomena Ikan Naik ke Daratan Bukan Tanda Terjadi Gempa
DKI Ambil Sampel Air Usut Penyebab Ratusan Ikan Naik ke Permukaan di Pantai Ancol
Penyebab Ratusan Ikan Naik ke Permukaan di Pantai Ancol
Polisi Soal Fenomena Ikan Naik ke Permukaan di Pulau Seribu: Bukan karena Limbah
Fenomena Ikan Naik ke Permukaan di Pulau Seribu Bikin Heboh, Ini Penampakannya
Bacaan Doa Petir Saat Menggelegar & Penjelasan Fenomena Alam Ini dari Sisi Islam
CEK FAKTA: Tidak Benar Air Laut di Pantai Pangandaran Surut Usai Gempa Cianjur

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini