Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Jokowi Tegaskan Jakarta Tetap Prioritas Pembangunan

Senin, 26 Agustus 2019 14:00 Reporter : Merdeka
Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Jokowi Tegaskan Jakarta Tetap Prioritas Pembangunan gedung bertingkat kawasan scbd. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan lokasi yang dipilih sebagai calon ibu kota RI yang baru. Lokasi yang dipilih adalah sebagian wilayah di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara. Letaknya di Provinsi Kalimantan Timur.

Presiden Jokowi memastikan Jakarta tidak akan dilupakan meski tak lagi jadi ibu kota negara. Jakarta akan terus dikembangkan.

"Jakarta akan tetap prioritas pembangunan. Jakarta akan menjadi kota bisnis, kota keuangan, pusat perdagangan yang berskala regional dan global," tegas Jokowi di Istana Negara, Senin (26/8).

Untuk pembangunan Jakarta 10 tahun ke depan, Pemprov DKI mengajukan proposal ke pemerintah. Anggaran pembangunan sebesar Rp571 Triliun. Anggaran ini untuk percepatan pembangunan DKI Jakarta. Pemerintah pusat mendukung rencana tersebut.

"Rencana Pemprov DKI untuk pembangunan yang menganggarkan Rp571 Triliun terus berjalan. Pembahasan level teknis siap dieksekusi," ucapnya.

Jokowi menegaskan, pemindahan ibu kota baru bukan satu-satunya upaya mengurangi kesenjangan di Pulau Jawa dan luar Jawa. Sebagian lagi dilakukan dengan pendekatan bisnis dan ekonomi. Salah satunya pengembangan industri.

"Pemerintah akan bangun industrialisasi di luar jawa berbasis hilirisasi SDA," tutupnya.

Reporter: Lizsa Egeham
Sumber: Liputan6.com [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini