Hari Rabu Tanpa Kendaraan Pribadi di Gedung Dinas Perhubungan DKI

Rabu, 4 September 2019 14:39 Reporter : Merdeka
Hari Rabu Tanpa Kendaraan Pribadi di Gedung Dinas Perhubungan DKI Pemadangan Parkiran Gedung Dishub DKI. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta akan menerapkan kebijakan baru untuk jajarannya. Setiap Hari Rabu, PNS lingkungan Dinas Perhubungan dilarang menggunakan kendaraan pribadi dan harus menggunakan angkutan publik.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan kebijakan itu sekaligus menjadi contoh bahwa instansinya menjadi contoh pertama untuk diterapkan ke masyarakat.

merdeka.com coba melihat efektivitas kebijakan tersebut di hari pertama pemberlakuannya. Di lingkungan perkantoran Gedung Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Jl Jatibaru, Jakarta Pusat, kawasan parkiran terlihat lebih sepi dibandingkan hari sebelumnya.

Mayoritas kendaraan yang terparkir merupakan kendaraan dinas. Bisa dihitung mobil atau motor dengan pelat hitam terparkir.

"Sebelum ada kebijakan ini, penuh parkiran sama mobil pegawai, sampe enggak ada lahan parkir kosong," ujar Upi, salah satu PNS Dinas Perhubungan kepada merdeka.com, Rabu (4/9).

pemadangan parkiran gedung dishub dki

Upi menambahkan, untuk membuktikan apakah kebijakan itu sudah berjalan atau belum, kepala dinas menanyakan langsung pada setiap PNS. Mereka diminta menjelaskan dengan kendaraan apa menuju kantor hari ini. Sebagai warga Depok, setiap hari nya dia memang memanfaatkan angkutan KRL.

"Kebanyakan hari ini udah banyak yang naik transportasi umum, paling yang pake kendaraan pribadi itu petugas lapangan aja," katanya.

Upi mengaku senang dengan kebijakan itu. Paling tidak, katanya ikut berkontribusi mengurangi polusi di Jakarta. Meskipun diakuinya ongkos perjalanan menjadi bertambah.

"Sukanya ya Jakarta terbebas dari polusi, polusi semakin berkurang. Lalu lintas juga lancar," jelas dia.

"Tapi kalau duka, banyak buang ongkos. Kan kalau saya pakai kendaraan pribadi itu sekalian anterin anak sekolah, terus langsung ke kantor. Ini kan saya harus anterin anak saya sekolah dulu, turun naik dulu, ribet buang ongkos banyak," pungkasnya.

pemadangan parkiran gedung dishub dki

Febria, PNS Dishub DKI lainnya juga sepakat dengan kebijakan satu hari tanpa kendaraan pribadi di kantornya.

"Ya saya setuju aja, kebijakan pegawai harus pake transportasi umum, mengurangi macet terus jadi peminatnya juga transportasi umumnya," ujar Febria kepada merdeka.com.

Warga Bekasi ini juga menyadari menekan penggunaan kendaraan pribadi dapat mengurangi polusi. Febri mengaku memang lebih senang menggunakan Transjakarta jika mendapat tugas ke Balai Kota.

"Saya selama kalau tugas ke Balai Kota enggak naik kendaraan pribadi, saya naik Transjakarta yang Pemrov DKI fasilitas, lebih enak enggak kena macet," tutupnya.

Reporter Magang: Chicilia Inge [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Polusi Jakarta
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini