Hari Ini Pasar Tanah Abang Dibuka Kembali Usai Aksi 22 Mei

Jumat, 24 Mei 2019 07:19 Reporter : Merdeka
Hari Ini Pasar Tanah Abang Dibuka Kembali Usai Aksi 22 Mei Pasar Tanah Abang tutup. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Usai bentrokan pada aksi 22 Mei, Pasar Tanah Abang Blok A-G, Jakarta Pusat kembali dibuka pada Jumat, 24 Mei 2019.

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin menyatakan keputusan membuka kembali Pasar Tanah Abang berdasarkan keputusan bersama dengan beberapa pihak, mengenai situasi keamanan di Jakarta.

"Ekonomi di Jakarta ini aman, jadi kita mendorong untuk aman untuk memastikan kalau besok (Jumat, 24 Mei 2019) Pasar Tanah Abang seluruhnya buka, sesuai dengan apa yang sering rutinitas tiap hari," kata Arief di Jakarta, Kamis (23/5/2019) malam.

Selain itu, Arief menyebut pasar terbesar di Asia Tenggara tersebut juga menjadi salah satu tempat favorit masyarakat baik dalam negeri dan luar negeri. Apalagi dengan momentum jelang Lebaran, kata dia, transaksi akan lebih tinggi.

"Kita harapannya dan kami di dukung masyarakat Tanah Abang juga memastikan Tanah Abang sebagai pusat perekonomian harus tetap dipertahankan dan dijaga," jelasnya.

Sebelumnya, Pasar Tanah Abang ditutup sementara mulai 22-23 Mei 2019 pasca adanya bentrokan di kawasan Tanah Abang akibat adanya perusuh di aksi 22 Mei.

Arief menyatakan dengan ditutup sementara Pasar Tanah Abang, kerugian semua pedagang dapat mencapai ratusan miliar. Sebab secara keseluruhan jumlah pedagang mencapai 14 ribu.

"Kalau potensi kerugian kita ada digital sebenernya, secara transaksi virtual juga sudah ada. Cuma secara fisik biasanya ada tambahan edisi pengunjung, kurang lebih Rp200 milliar setiap hari," kata Arief saat dihubungi, Rabu (22/5/2019).

Mengingat menjelang lebaran biasanya adanya peningkatan jumlah pembeli di Pasar Tanah Abang. Arief menyebut juga terdapat penutupan sementara untuk pasar di Jakarta Pusat yang lain. [ded]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini