Harga Pangan Naik Jelang Natal dan Tahun Baru, Pemprov DKI: Terkendali dan Stabil

Selasa, 6 Desember 2022 11:00 Reporter : Merdeka
Harga Pangan Naik Jelang Natal dan Tahun Baru, Pemprov DKI: Terkendali dan Stabil Pasar Tradisional. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Asisten Perekonomian dan Keuangan Setda DKI Jakarta Sri Haryati menyatakan memang ada kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok jelang perayaan natal dan tahun baru (Nataru) 2023. Kenaikan harga karena adanya peningkatan permintaan masyarakat terhadap bahan pangan. Kendati demikian, kenaikan harga pangan diklaim jauh lebih stabil ketimbang tahun lalu.

Hal ini disampaikan Sri ditemui usai mendampingi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (6/12).

"Nah tadi dilihat memang ada sedikit kenaikan tetapi kalau dibandingkan dengan yoy (year on year) tahun lalu peningkatannya tahun ini itu jauh lebih stabil," kata Sri Haryati.

Sri menjelaskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI juga menjalin kerja sama dengan daerah pemasok bahan pangan seperti Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jawa Tengah untuk memastikan stok pangan aman jelang Nataru.

2 dari 2 halaman

"Teman-teman BUMD melakukan kerja sama sehingga hasil pasokan dari sana di kirim ke sini. Tentu kalau tadi disampaikan stok yang ada hari ini masih kategori cukup, memang sedikit dinaikkan karena peningkatan permintaan tadi," jelas dia.

Selain itu, Sri menyampaikan sebagai antisipasi jelang Nataru, Pemprov DKI juga mengandalkan subsidi pangan yang telah berjalan. Masyarakat penerima manfaat dapat memperoleh pangan dengan harga terjangkau.

"Ya kan stoknya cukup sampai bulan maret, lantas subsidi pangan sudah berjalan. Tadi ngantre kan, nah masyarakat ada, mereka yang ngantre di sini kan hanya bayar Rp10 ribu, walaupun beberapa harga sudah naik Rp30 ribu ya," katanya.

Reporter: Winda Nelfira

[ray]

Baca juga:
Harga Telur Terus Naik Jelang Nataru, Pedagang di Bekasi Curhat Omzet Turun Drastis
Ganjar Ajak Masyarakat Wisata Dalam Negeri Selama Libur Nataru
Jelang Nataru, Kapolres Pastikan Stok Pangan di Asahan Masih Aman
Jelang Libur Nataru, Pemerintah Perpanjang PPKM Level 1 di Seluruh Indonesia
Jelang Natal-Tahun Baru, Pangdam Jaya Fokus Amankan Jalur Perjalanan & Rumah Ibadah

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini