H-2 Lebaran, toko-toko di Pasar Tanah Abang mulai tutup

Rabu, 13 Juni 2018 14:40 Reporter : Hari Ariyanti
pasar tanah abang. ©2018 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Dua hari menjelang Idul Fitri, yang diprediksi jatuh pada Jumat (15/6), pengunjung di Pasar Tanah Abang mulai sepi. Pengunjung tak seramai H-7 Idul Fitri. Beberapa toko juga mulai tutup.

Pantauan merdeka.com, Rabu (13/6), beberapa toko di Blok B Pasar Tanah Abang mulai tutup. Para pedagang mulai menutup toko sejak Senin (11/6).

"Sebagian toko udah mulai pada tutup. Sebagian masih ada yang buka. Sepertiga lah kira-kira yang sudah mulai tutup. Terakhir pada buka semua itu kemarin hari Minggu," kata pemilik Toko "Rohid", Yanti.

Yanti mengatakan tokonya yang terletak di Lantai SLG Los B akan mulai tutup pada Kamis (14/6) besok. Semua toko, lanjutnya, terakhir akan buka Kamis besok sebelum ditutup selama 10 hari.

"Kalau kita hari ini terakhir jualan, besok udah mulai tutup.Gedung ini tutup 10 hari. Mulai tutup tanggal 15 dan buka lagi tanggal 25 (Juni)," sebutnya.

Tahun ini, gedung Blok B ditutup selama 10 hari. Biasanya hanya ditutup selama sepekan. Menurutnya kemungkinan karena tahun ini menyesuaikan dengan libur lebaran ASN.

Perempuan asal Padang, Sumatera Barat ini mengatakan sejak tiga hari menjelang Lebaran, pengunjung Pasar Tanah Abang mulai sepi. "Ramainya terakhir pas hari Minggu. Senin mulai sepi," ujarnya.

Yanti mengaku pada bulan puasa tahun ini pendapatannya menurun drastis. Pendapatannya dalam sehari stagnan sebagaimana hari-hari biasa.

"Hari biasa rata-rata biasa dapat Rp 2 juta sampai Rp 3 juta. Sekarang juga sekitar Rp 2 juta-Rp 3 juta, enggak sebanding padahal mau Lebaran," ujarnya.

Ia membandingkan dengan pendapatannya tahun-tahun sebelumnya. "Biasanya satu minggu sebelum Lebaran banyak kosong barang-barang, enggak ada stok lagi. Tapi sekarang stoknya masih banyak," ujarnya.

Ia mengaku tak tahu penyebabnya. Kemungkinan, kata Yanti, karena dibuka titik-titik pasar malam di beberapa tempat.

"Katanya ada pasar malam mungkin itu salah satu penyebabnya," ujarnya.

Tokonya akan kembali buka pada tanggal 25 Juni nanti. Biasanya pengunjung pasar setelah Lebaran akan ramai.

"Seminggu setelah Lebaran masih ramai. Mungkin karena orang masih pegang uang dan senang ke pasar," pungkasnya.

Sepinya pendapatan menjelang Lebaran juga dikeluhkan Rahmat Hidayat. Pemilik Toko "Qurratuaini" ini mengatakan sejak beberapa hari ini pengunjung menurutnya mulai sepi.

"Pertengahan puasa kemarin juga enggak ramai. Lebih ramai tahun kemarin," ujarnya.

Menurutnya hal ini disebabkan maraknya toko daring. "Kurang tahu juga apa penyebabnya. Kita kalah sama online kayaknya," jelas dia. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. Pasar Tanah Abang
  2. Lebaran 2018
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini