H-1 Lebaran, Terminal Pulo Gadung sepi pemudik

Selasa, 5 Juli 2016 16:56 Reporter : Dede Rosyadi
H-1 Lebaran, Terminal Pulo Gadung sepi pemudik H-1 terminal pulo gadung sepi pemudik. ©2016 Merdeka.com/dede rosyadi

Merdeka.com - Terminal Pulo Gadung, Jakarta Timur pada H-1 tampak sepi pemudik. Bus-bus angkutan Lebaran terlihat terparkir di sepanjang terminal tersebut. Hanya terlihat kendaraan angkot dan bus reguler yang hilir mudik mengantarkan penumpang.

Kepala Terminal Pulo Gadung, Hengky mengatakan, para pemudik hari ini hanya segelintir orang saja. Dan dia terpaksa mengangkut pemudik tersebut, nantinya akan dialihkan saat tiba di terminal lain.

"Tadi pagi ada 181 orang, jumlah itu sudah gabungan dari beberapa daerah. Kalau kita hitung pemudik yang ke tujuan masing-masing ya paling hanya 5 orang saja. Makanya kita gabungkan mereka di beberapa bus," kata Hengky saat ditemui merdeka.com, Selasa (5/7).

Lanjut pria asal Ambon ini mengatakan, sejak adanya angkutan mudik gratis yang diadakan oleh pemerintah dan beberapa organisasi, angkutan Lebaran di Terminal Pulo Gadung mengalami penurunan penumpang.

"Memang, sejak adanya program mudik gratis terasa jumlah pemudik menurun," ungkapnya.

Namun, kata dia, hal itu sudah menjadi wewenang pemerintah dalam mengatur angkutan Lebaran. Pihaknya tidak merasa terganggu dengan adanya mudik gratis.

"Itu kan wewenang pemerintah. Kita ikuti saja aturannya, kalau dari pihak petugas terminal sih enggak masalah," kata dia.

Hengky menambahkan, pihaknya akan melayani para pemudik yang masih berangkat pada H-1. Namun hal itu harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak petugas terminal lain.

"Kita tetap antar, tapi maksimal tujuan Jawa Barat. Kan kalau tujuan Jawa barat, biaya bensin bus tidak terlalu rugi, bisa kita pindahkan penumpang saat di terminal lain dan nyambung ke tujuan pemudik tersebut," bebernya.

Untuk arus lalu lintas di sepanjang Pulo Gadung, Jakarta Timur menuju Bekasi terlihat lenggang oleh kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Polisi yang biasanya berjaga di titik kemacatan juga sudah tidak terlihat. Volume kendaraan yang biasanya padat dan macat di kawanan Pulo Gadung juga sepi oleh pengendara. [rnd]

Topik berita Terkait:
  1. Mudik Lebaran 2016
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini