Gubernur Anies: Yuk mendengar, bersiap, deteksi dini penyakit kanker

Selasa, 13 Februari 2018 15:36 Reporter : Syifa Hanifah
Anies Baswedan. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak warganya aktif melakukan pencegahan dini kanker. Karena menurut data Dinas Kesehatan DKI Jakarta terdapat 3.900 jiwa yang meninggal karena kanker.

"Di tahun 2017 DKI, kanker sebagai penyebab kematian mengakibatkan 3.900 jiwa atau 14 persen dari total kematian adalah disebabkan kanker," ujar Anies saat menghadiri peringatan hari kanker se-dunia di Kawasan Kota Tua, Selasa (13/2).

Anies melihat kanker masih menjadi penyumbang kematian tersebut di dunia bahkan di Indonesia tidak terkecuali di Jakarta. Pemprov sendiri telah memiliki program untuk mencegah kanker untuk usia dini dengan memberikan Vaksin HPV untuk anak Sekolah Dasar (SD).

"Saya mengajak kepada semua, untuk melihat hari kanker ini sebagai peringatan untuk melihat kondisi kita. Deteksi dini atas persoalan kanker menjadi mendasar, dan kalau kita perhatikan di dunia ini salah satu penyebab kematian terbesar adalah kanker," paparnya

Kerena itu dia meminta warga untuk sadar memeriksa kesehatan untuk mencegah dan mendeteksi secepat mungkin. Dari Pemprov sendiri sudah memfasilitasi dengan menyiapkan vaksin kanker di puskesmas-puskesmas secara gratis.

"Jadi harapan peringatan hari kanker ini jangan dilewatkan sebagai peringatan saja, mengajak seluruh keluarga yang membaca berita ini, yang mendengar, yuk bersiap, yuk lakukan deteksi dini. Dan kita akan fasilitasi dari Dinkes semuanya akan siap untuk melayani apabila warga ingin melakukan deteksi dini," jelas dia.

Lanjutnya di puskesmas-puskesmas saat ini sudah dilengkapi dengan alat IVA test untuk mendeteksi kanker, khusus kanker serviks.

"Pemeriksaan untuk kanker, terutama kanker serviks itu kita menggunakan IVA test," katanya. [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini