Golkar Sebut Gerindra dan PKS Penyebab Pemilihan Wagub DKI Tak Kunjung Usai

Rabu, 8 Januari 2020 14:07 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Golkar Sebut Gerindra dan PKS Penyebab Pemilihan Wagub DKI Tak Kunjung Usai Calon wakil Anies. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman curiga DPRD DKI Jakarta tak mau Wagub DKI diisi kader PKS. Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD DKI Jakarta Basri Baco menyebut, Gerindra dan PKS lah yang membuat pemilihan Wagub lama.

"Itu baper, enggak lah, kita mah terbuka saja, apalagi Golkar terbuka saja, masalahnya itu kan temen-temen dari PKS sama Gerindra aja," katanya saat dihubungi merdeka.com, Rabu (8/1).

Dia mengungkapkan, sejauh ini belum ada lobi lobi dari PKS dan Gerindra kepada fraksi lain di DPRD. Sebab, dua partai tersebut belum memutuskan dua nama sebagai kandidat Wagub.

"Kan Gerindra sudah kasih empat nama PKS suruh milih salah satu, kemudian PKS punya calon satu, dua-dua itu nanti dibawa ke rapimgab, habis itu baru dipilih di paripurna, setelah ada penentuan dua orang itu baru ada lobi lobi," tuturnya.

1 dari 1 halaman

Basri menambahkan, kunci pemilihan Wagub ada di Gerindra dan PKS. Fraksi partai lain normatif saja. Basri bilang, prosesnya lama lantaran keduanya belum sepakat dan akur menentukan nama.

"Mereka sendiri dua partai itu, jangan salahkan partai yang lain dari mereka tidak pernah akur, tidak pernah deal dua nama itu," jelasnya.

Dia menambahkan, mungkin fraksi lain bisa mengusulkan supaya DKI mempunyai Wagub yang punya kualitas dan kapabilitas. Caranya bisa digelar fit and proper test atau pemaparan visi misi.

"Jangan cari wagub seperti kucing dalam karung, di situasi Gubernur lagi ngurusin banjir macam macam gini kan perlu mesti dapat yang kuat," ujar Basri.

Golkar, kata dia, terbuka dengan setiap calon yang diajukan Gerindra dan PKS. Yang penting kandidat tersebut paham Jakarta. Basri bilang, Ibukota perlu Wagub yang kuat.

"Intinya kalau yang di ajukan (PKS) kemarin kan dewan tidak mau karena gak ngerti apa apa, bukan orang ini (paham Jakarta)," pungkasnya. [fik]

Baca juga:
Sohibul Iman Curigai DPRD DKI soal Wagub DKI, PDIP Salahkan Gerindra-PKS
Ada Calon dari Gerindra, Syarif Yakin Pemilihan Wagub DKI Berjalan Lancar
Presiden PKS Minta Gerindra Tak Bikin Gaduh Soal Wagub DKI
Sohibul Iman: DPRD Tidak Mau Kader PKS Jadi Wagub DKI
Tanpa Wagub, Anies Mengaku Tak Kewalahan Tangani Banjir Jakarta
Jadi Anggota DPR, Ahmad Syaikhu Dicabut PKS dari Bursa Cawagub DKI

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini