Gerindra Targetkan Pemilihan Wagub DKI Rampung Akhir Tahun 2019

Selasa, 22 Oktober 2019 14:02 Reporter : Merdeka
Gerindra Targetkan Pemilihan Wagub DKI Rampung Akhir Tahun 2019 Pengambilan sumpah jabatan lima pimpinan DPRD DKI. ©2019 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Gerindra, Syarif mengimbau kepada para pimpinan dewan untuk segera melakukan pemilihan Wagub pengganti Sandiaga Uno. Sebab, sudah genap dua tahun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bekerja sendiri.

"Mengimbau supaya cepat, kita inginnya cepat. Sebelum akhir tahun dapat wakil gubernur," katanya saat dihubungi, Selasa (22/10).

Menurutnya, hanya ada dua tahap lagi yang perlu dilakukan untuk pemilihan Wagub DKI. Yakni melakukan rapat pimpinan gabungan (rapimgab) untuk mengesahkan tata tertib (tatib), lalu pemilihan wagub DKI itu sendiri. Dia menegaskan, panitia khusus (pansus) pun tak perlu disusun ulang

"Serahkan kepada pimpinan tinggal dibawa ke rapimgab untuk di bawa ke paripurna, jadi tidak perlu dibuat pansus lagi," ujarnya.

Meski begitu, Syarif tidak yakin kapan rapimgab ini bisa dilaksanakan. "Saya enggak bisa komentar, itu otoriti kewenangan pimpinan yang 5 orang itu, ketua dan wakil ketua," imbuhnya.

Dia menambahkan, calon wakil gubernur pun bisa saja tetap sama atau berubah tergantung dari hasil pembicaraan dalam rapimgab. Saat ini, calon wakil gubernur DKI berasal dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu.

"Kalau calon kan bisa dua, bisa berubah, tergantung nanti pada saat di rapimgab," terangnya.

Yang terpenting, Syarif mengungkapkan, mekanisme tatib pemilihan wagub DKI harus disahkan terlebih dahulu.

"Mekanisme sahkan dulu dalam rapat paripurna, lalu calonnya selagi tidak berubah ya tidak berubah. Kalau sudah masuk pada pendaftaran kan calon harus mendaftar, diserahkan dari gubernur kepada kita sudah ada, cuma calon kan harus ditetapkan sebagai calon dulu oleh panlih," jelasnya.

"Setelah tatib disahkan, tahap berikutnya menentukan panlih. Nah panlih itu yang akan melakukan verifikasi menanyakan pada calon, atau pada partai pengusung 'ini masih dua ya,'" tutup Syarif.

Reporter: Ratu Annisaa Suryasumirat
Sumber: Liputan6.com [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini