Gerindra Jakarta Usung Ahmad Riza Patria Jadi Wagub

Senin, 30 Desember 2019 15:38 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Gerindra Jakarta Usung Ahmad Riza Patria Jadi Wagub Ahmad Riza Patria. ©2019 Merdeka.com/Hari Ariyanti

Merdeka.com - PKS dan Gerindra hingga menjelang berakhirnya tahun 2019 belum bersepakat tentang siapa yang bakal mengisi kursi Wagub DKI. Teranyar, DPD Gerindra DKI Jakarta, mengusulkan nama Ahmad Riza Patria untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Sandiaga Uno tersebut.

Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta M Taufik yang memperkenalkan kepada warga Jakarta bahwa pihaknya mengusung nama Riza Patria untuk mengisi kekosongan wagub DKI pendamping Anies Baswedan.

Taufik menilai, Riza tak perlu diragukan lagi pengalamannya dan pemahamannya tentang Jakarta. Dia juga mengklaim, PKS telah merestui Riza sebagai Wagub DKI.

"Insyaallah direstui PKS," kata Taufik di Wisma Garuda, Cipayung, Jakarta Timur, Minggu (29/12).

1 dari 1 halaman

Riza Patria Sebatas Aspirasi

Namun, bagi DPP Gerindra, nama Ahmad Riza Patria sebatas usulan dari pengurus Jakarta. Waketum Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengakui menegaskan, keputusan akhir tetap berada di DPP Gerindra.

"Nah itu saya juga belum tahu apakah itu kemudian PKS-nya tanggapannya seperti apa, karena itu baru sepihak dari Gerindra. Walaupun saya dengar juga PKS yang di DKI sedang mempertimbangkan itu," kata Dasco di Gedung DPR, Jakarta, Senin (30/12).

Terkait aspirasi DPD tersebut, kata dia, DPP Gerindra belum memutuskan setuju atau tidak nama Ahmad Riza Patria.

"Itu kan baru Gerindra DKI. Kalau kita kan ada empat nama. Perbedaannya adalah Gerindra DKI menulis satu nama, kita menyodorkan empat nama," jelas Dasco.

Dia pun menegaskan, keputusan final terkait cawagub DKI ada di level pusat atau DPP Gerindra. "Itu kan harapan Gerindra DKI. Keputusan ada di tingkat pusat," ujar dia.

Diketahui, sebelumnya Gerindra sudah mengajukan sebanyak empat nama kandidat calon wakil gubernur DKI Jakarta ke PKS. Keempat nama itu, yakni Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry Juliantono, Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria, anggota Dewan Penasihat Partai Gerindra Arnes Lukman dan Sekda DKI Jakarta Saefullah.

Dasco mengakui bahwa kursi Wagub DKI merupakan jatah Gerindra dan PKS. Sebab saat Pilgub 2017, koalisi Gerindra-PKS memenangkan kontestasi dengan mengusung Anies-Sandiaga.

Kini tinggal menunggu sikap PKS, apakah setuju dengan usulan Gerindra. Kemudian Gerindra juga tengah usulan PKS, terkait siapa yang bakal diajukan sebagai Wagub DKI.

"Sebenarnya kan kursi Wagub itu kan adalah hak dua partai. Pengusungnya dua partai, PKS dan Gerindra. Tinggal ya kalau PKS mau kasih sama-sama jalan. Kalau tidak ya nanti kita lihat juga calon dari PKS kita setuju apa tidak," tandasnya. [rnd]

Baca juga:
Wagub Tak Kunjung Terpilih, DPRD DKI Janji Bentuk Panitia Pemilihan Awal 2020
DPRD Belum Terima Dua Nama Pengganti Cawagub DKI
PKS dan Gerindra Sepakat Usung Satu Kandidat Cawagub DKI
Tahun Berganti, Anies Masih Sendiri Pimpin DKI
Gerindra Akan Bahas Ulang Kursi Wagub DKI dengan PKS
Sudah 16 Bulan, Sampai Kapan Gubernur Anies Sendiri Tanpa Wagub?

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini