Ganjil Genap Diperluas, Kualitas Udara Jakarta Diklaim Naik & Tekan Volume Kendaraan

Senin, 16 September 2019 12:30 Reporter : Merdeka
Ganjil Genap Diperluas, Kualitas Udara Jakarta Diklaim Naik & Tekan Volume Kendaraan Perluasan Ganjil-Genap di Fatmawati Raya. ©2019 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Pemprov DKI Jakarta resmi memperluas wilayah penerapan sistem ganjil genap di 25 ruas jalan sejak pekan lalu. Diklaim, kebijakan itu bisa menurunkan volume lalu lintas menurun di jalan-jalan yang diberlakukan.

"Volume lalu lintas selama pelaksanaan menurun 25,24 persen," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (16/7).

Hal itu dapat dilihat kecepatan laju kendaraan yang bertambah setelah dilakukan pembatasan ganjil genap di lokasi itu. Kenaikannya dari 25,56 kilometer/jam menjadi 28,16 kilometer/jam.

Dia juga menyebut waktu tempuh kendaraan dalam ruas sistem ganjil genap juga mengalami kenaikan dari 16 menit menjadi 14,91 menit.

Tidak cuma keberhasilan di bidang lalu lintas, dia menyebut perluasan ganjil genap juga membuat kualitas udara mengalami peningkatan karena penurunan partikel halus di sejumlah wilayah Jakarta saat pelaksanaan ganjil genap. Seperti halnya di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Menteng, Jakarta Pusat mengalami penurunan 14 persen.

"Kelapa gading turun 14,46 persen. Dari lalu lintas kinerja udara jadi meningkat. Saya lihat AirVisual, Jumat jam 18.00 WIB kualitas pm2,5 kita 26,62 mikron, itu artinya baik banget," papar dia.

Perluasan ganjil genap diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 88 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 155 Tahun 2018 Tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil Genap.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap, dengan perluasan ganjil genap ini dapat mendorong warga beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum.

Reporter: Ika Defianti

Sumber: Liputan6.com [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini