DPRD DKI Lihat Langsung Pembangunan IKN, Apa Tujuannya?

Kamis, 28 Juli 2022 17:00 Reporter : Yunita Amalia
DPRD DKI Lihat Langsung Pembangunan IKN, Apa Tujuannya? Ilustrasi Ibu Kota Negara baru. ©Ugm.ac.id

Merdeka.com - DPRD DKI mengunjungi pembangunan ibu kota negara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Rombongan DPRD DKI juga bertemu dengan DPRD Kalimantan Timur.

Anggota Pansus Jakarta, Abdul Aziz mengatakan pihaknya menanyakan update pembangunan IKN ke anggota DPRD Kaltim. Menurut Aziz, mereka mengaku tidak mengetahui secara jelas perkembangannya.

"Bahkan DPRD di sana bilang belum ada sinkronisasi dari pemerintah pusat, antara Kementerian Dalam Negeri, dari sisi Bappenas, BPN, dan sebagainya. jadi ini benar-benar masih enggak tergambar mereka sendiri," ujar Azis kepada wartawan, Kamis (28/7).

Aziz bersama enam orang yang tergabung dalam Pansus Jakarta usai tidak menjadi ibu kota ini menyampaikan, tujuan keberangkatan Pansus yaitu untuk meyakinkan diri bahwa ibu kota negara sedang diproses atau cepat diproses.

Sebab, kata Aziz, semakin cepat diproses, semakin cepat juga persiapan yang harus dilakukan DKI dalam menyusun pembangunan Jakarta.

2 dari 2 halaman

Namun, saat mendapatkan penjelasan dari anggota DPRD Kalimantan Timur yang dinilai tidak cukup memuaskan, Aziz berpandangan bahwa pemerintah pusat memang belum siap mengerjakan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Penajam Paser Utara.

"Berarti belum siap juga ternyata pemerintah pusat untuk pemindahan IKN ini. Ini jadi catatan buat kami. Dan kami juga tidak ingin percaya dari sebuah cerita, kami ingin langsung melihat di lapangan," ujarnya.

Pansus ini dibentuk pada awal Juni 2022. Pansus ini akan ikut menyusun aturan kekhususan Jakarta setelah ibu kota negara pindah ke Kaltim.

"Ada hal yang perlu disampaikan ke masyarakat dalam kasus ini banyak permasalahan di dalamnya, misalnya tentang IKN, bagaimana kekhususan Jakarta ke depan," kata Wakil Ketua DPRD DKI Khoirudin di gedung DPRD DKI. [ray]

Baca juga:
Jokowi Bertemu Bos Hyundai Bahas Rencana Ekspansi Mobil Listrik & Investasi di IKN
Ibu Kota Negara Bakal Pindah Dinilai Tak Berdampak pada Harga Properti Jakarta
BKN Bentuk Integrasi Satu Data PNS di Ibu Kota baru
Berharap Pemerataan Ekonomi Indonesia Melalui Ibu Kota Baru
Gelar Rakernas 2022, Kementerian ATR Bahas Dukungan Tata Ruang di Ibu Kota Baru

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini