DPRD dan DKI Bisa Diskusi, Wagub Riza Harapkan Tak Perlu Interpelasi soal Formula E

Senin, 18 Oktober 2021 15:29 Reporter : Merdeka
DPRD dan DKI Bisa Diskusi, Wagub Riza Harapkan Tak Perlu Interpelasi soal Formula E Wagub DKI Jakarta Riza Patria tinjau mal. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengharapkan tak perlu adanya interpelasi balap mobil listrik atau Formula E. Kata dia, permasalahan antara DPRD dan DKI Jakarta dapat diselesaikan bersama.

"Kita berharap apapun masalah yang ada di DKI Jakarta bisa didiskusikan bersama antara DPRD dengan Pemprov DKI Jakarta, mudah-mudahan dengan demikian tidak perlu ada interpelasi," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (18/10/2021).

Kendati begitu, politikus Gerindra itu menyatakan tetap menghormati keputusan sejumlah anggota dewan yang mengajukan interpelasi Formula E. Riza menyatakan Pemprov DKI menjalankan setiap program berdasarkan aturan yang ada.

"Kami hormati semua anggota DPRD DKI Jakarta yang memiliki hak interpelasi dan lain-lain," jelas dia.

Sebelumnya, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono menyatakan hak interpelasi balap mobil listrik atau Formula E belum berakhir.

Menurut dia, usulan interpelasi dapat dinyatakan berakhir setelah adanya pembahasan di rapat paripurna.

"Belum berakhir, untuk mengakhiri interpelasi di paripurna, bukan di warung kopi," kata Gembong saat dikonfirmasi, Rabu (13/10/2021).

Lanjut dia, meskipun tujuh fraksi menyatakan penolakan itu bukan hal yang mengugurkan interpelasi. Sebab berdasarkan aturan yang ada interpelasi dapat dikatakan gugur hanya melalui rapat paripurna.

"Seolah-olah kalau sudah tujuh fraksi menolak, seolah sudah mati begitu saja. Persepsinya yang muncul begitu. Seolah-olah kami ngotot enggak tahu diri, macam-macam lah. Tapi kan kita harus taat pada aturan," papar dia.

Sementara itu, Jakarta telah resmi menjadi tuan rumah balap ABB FIA Formula E pada tanggal 4 Juni 2022. Keputusan tersebut ditetapkan melalui FIA World Motor Sport Council di Paris, pada 15 Oktober 2021 yang sekaligus meratifikasi kalendar balapan musim ke-8 tahun 2021/2022.

Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, Alberto Longo mengapresiasi tinggi atas terpilihnya Indonesia dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Longo juga mengapresiasi upaya Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam mengurangi ketergantungan Indonesia pada energi konvensional, dan beralih pada energi ramah lingkungan, sebuah filosofi yang senada dengan pandangan FEO. [ded]

Baca juga:
Wagub DKI: Lokasi Formula E Diputuskan Bulan Ini Setelah Survei FEO
Wagub DKI Sebut Lokasi Formula E Diputuskan Bulan Ini
Anies Sambut Baik Pengumuman Jakarta jadi Tuan Rumah Formula E 2022
Muncul di Website Resmi Formula E, Jakarta Resmi jadi Tuan Rumah di 2022
Wagub DKI Pastikan Tidak Ada Anggaran Formula E di APBD Perubahan DKI 2021
Interpelasi Formula E Menggantung, PDIP Dorong Pimpinan Dewan Lanjutkan Paripurna

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini