DKI perpanjang kerja sama dengan Tangerang untuk penuhi air bersih

Selasa, 13 Februari 2018 12:39 Reporter : Syifa Hanifah
Anies Baswedan dan Bima Arya. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemprov DKI melalui Perusahaan Daerah Air Minum Daerah Khusus Ibukota Jakarta (PAM JAYA) bekerjasama dengan PDAM Tirta Kerta Raharja (TKR) Kabupaten Tangerang untuk memenuhi kebutuhan air minum dan air bersih bagi masyarakat DKI Jakarta. Kerja sama ini merupakan perpanjangan kontrak antara DKI Jakarta dengan Kabupaten Tangerang dengan kapasitas 2.800 liter per detik untuk jangka waktu 20 tahun ke depan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan terima kasih atas nama warga Jakarta, karena selama 20 tahun Tangerang sudah men-supply air untuk Jakarta. Karena pengelolaan air tidak bisa lagi individual tetapi pengelolaannya kolektif dan dikerjakan oleh pemerintah, dalam hal ini melalui pemerintahan ataupun melalui badan usaha.

"Berharap kerja sama kesepakatan ini antara Pemprov DKI Jakarta dengan pemerintah Kabupaten Tangerang tentang penyediaan air minum untuk wilayah DKI Jakarta ini menjadi Framework baru karena ini sebenarnya perpanjangan untuk 20 tahun yang akan datang," kata Anies saat MoU dengan Kabupaten Tangerang, di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (13/2).

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan kerja sama ini tetap berjalan sehingga Tangerang tetap bisa memasok air besih untuk Jakarta. "Nantinya dan mudah-mudahan dengan kerja sama ini kebutuhan air bersih dan air minum masyarakat DKI bisa terpenuhi walaupun untuk sebagian kecil bentuknya," ujarnya.

"Dan ke depan kita masih banyak lagi yang perlu dilakukan dalam rangka pemenuhan air bersih dan air minum baik bagi masyarakat DKI maupun masyarakat Kabupaten Tangerang pada khususnya," sambungnya.

Sementara itu Dirut PAM Jaya Erlan Hidayat, 16 persen air di ibu kota adalah dari Kabupaten Tangerang. "Sebagian digunakan untuk wilayah selatan dan sebagian wilayah barat Jakarta," ungkap Erlan.

Dia juga mengatakan air adalah bukan semata untuk memenuhi warga Jakarta tapi saling melengkapi, karena itu semua wilayah diharapkan dapat mengelola air secara bersama.

"Air bukan semata-mata kota Jakarta, bukan semata kabupaten tangerang tetapi air adalah sebuah wilayah yang kita kelola secara bersama itu misinya," tuturnya. [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini