DKI, LIPI, HKTI hingga BWSCC keroyokan bersihkan Kali Item

Kamis, 2 Agustus 2018 14:49 Reporter : Merdeka
DKI, LIPI, HKTI hingga BWSCC keroyokan bersihkan Kali Item HKTI di Kali Item. ©2018 Liputan6.com/Fachrur Rozie

Merdeka.com - Pemprov DKI Jakarta dan pemerintah pusat terus berupaya membersihkan Kali Sentiong atau Kali Item di Kemayoran, Jakarta Pusat. Mengingat, kali tersebut berdekatan dengan wisma yang digunakan para atlet Asian Games 2018.

Ragam langkah dilakukan untuk menghilangkan aroma bau di kali tersebut. Termasuk dengan menggandeng LIPI.

Kepala Dinas Sumber Daya Air Teguh Hendrawan mengatakan, LIPI sudah memasang dua alat plasma nano bubble di Kali Item sejak Rabu (2/8). kemarin.

"LIPI pasang dari kemarin," kata Teguh saat dihubungi, Kamis (2/8).

Teguh mengatakan, selain LIPI terdapat lembaga lain yang turun tangan membersihkan Kali Item, yakni HKTI dan BWSCC . "Tentu kami kerjasama dengan Balai (BWSCC) juga," katanya.

Sebelumnya, Kepala Balai Pengembangan Instrumentasi LIPI, Anto Tri Sugiarto mengatakan setiap plasma nano bubble, mampu menjangkau maksimal di 20 meter persegi bagian Kali Item. Sehingga, secara total dibutuhkan 20 unit plasma nano bubble untuk menangani kondisi Kali Item.

"Jadi satu unit bisa radius 20 meter persegi, berarti ini kan baru 40 meter, berarti total harus 20 unit untuk 700 meter," terang dia.

LIPI berharap, usahanya ini bisa membantu menyukseskan perhelatan Asian Games 2018, dan mendapat perhatian kerjasama dengan dinas terkait untuk ke depannya.

Reporter: Delvira Hutabarat

Sumber: Liputan6.com [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini