KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Djarot sebut sampah diolah jadi campuran aspal hasilnya cukup bagus

Senin, 17 Juli 2017 12:19 Reporter : Syifa Hanifah
Djarot Saiful Hidayat. ©2015 merdeka.com/fikri faqih

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat angkat suara terkait rencana pemerintah pusat untuk memanfaatkan sampah plastik dalam pembangunan jalan di Indonesia. Menurut Djarot, hasil dari campuran limbah plastik terbilang bagus.

"Itu sudah pernah dicoba di India. Hasilnya cukup bagus. Limbah plastik dipakai sebagai campuran hot mix. Kita punya banyak sampah plastik," kata Djarot di Balai Kota, Senin (17/7).

Lanjut Djarot, saat ini jumlah sampah plastik di Jakarta sangat banyak. Untuk mengelola sampah Pemprov akan segera membangun Fasilitas Pengelola Sampah di dalam Kota atau Intermediate Treatment Facilities (ITF).

"Saat kemarin rapat pembangunan ITF saya sampaikan, sisa pembakarannya itu tetap bisa digunakan. Apakah untuk paving block atau untuk campuran bangunan jalan. Sehingga semua sampah warga kita manfaatkan betul," katanya.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan sangat tertarik dengan proyek daur ulang di India. Di mana, sampah diolah menjadi bahan pembuatan aspal jalan.

"Kami mengundang ada satu ahli dari India yang sudah berhasil mengkonversi plastik jadi campuran aspal," ungkapnya dalam rapat bersama Badan Anggaran DPR, di Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (14/6).

"Kemarin datang ke kantor, saya ketemu, dan saya izin mungkin akan coba bikin pilot project mungkin 1-2 km sehingga dengan begitu kita lihat," tambahnya.
[eko]

Topik berita Terkait:
  1. Djarot Saiful Hidayat
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.