Dishub DKI Usul Pemanfaatan Dana SP3L untuk Bangun 500 Jalur Sepeda

Jumat, 3 Juli 2020 10:31 Reporter : Yunita Amalia
Dishub DKI Usul Pemanfaatan Dana SP3L untuk Bangun 500 Jalur Sepeda Jalur Sepeda di Jakarta. ©2019 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengusulkan adanya pemanfaatan dana piutang Surat Persetujuan Penunjukan Penggunaan Lokasi atau Lahan (SP3L) untuk pembangunan 500 jalur sepeda. Jalur sepeda menjadi perhatian khusus Dishub seiring tren perubahan pengguna transportasi umum ke kendaraan pribadi karena pandemi Covid-19.

"Kami usulkan, karena memang anggaran kita tahun ini mengalami kontraksi, kami usulkan sekiranya bisa dimanfaatkan dana SP3L untuk bangun kurang lebih 500 koridor sesuai dengan rencana jalur sepeda di Jakarta," kata Syafrin dalam rapat pimpinan bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria, yang dikutip merdeka.com melalui channel Youtube Pemprov DKI, Jumat (3/7).

Syafrin menuturkan, di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi selama bulan Juni, masyarakat beralih ke transportasi pribadi seiring pembatasan jumlah penumpang dengan maksimal 50 persen kapasitas.

Dalam kondisi pandemi, menurut Syafrin, tidak sedikit pula masyarakat merubah kebiasaan mobilitas mereka dengan menggunakan sepeda. Untuk itu, transportasi sepeda bisa digalakkan secara masif dibutuhkan pula ketersediaan infrastruktur.

"Untuk bisa mengimbangi kekurangan angkutan umum, kami dorong penggunaan sepeda untuk transportasi warga untuk beraktivitas, tentu perlu dimasifkan penyediaan jalur sepeda," tuturnya.

Rencananya, Dinas Perhubungan akan melakukan uji coba bikesharing dan bekerja sama dengan operator yang pernah melakukan upaya operasional pada 6 titik di Jakarta minggu ini. Sasaran pertama Dishub untuk kampanye sepeda sebagai alat transportasi adalah kantor pemerintahan.

"Jadi untuk bike rack kami siapkan di Balai Kota, kantor Dinas Jati Baru, Abdul Muis, Wali Kota Jakarta Pusat. Tujuan kita ingin mendorong bahwa Pemprov atau ASN Jakarta dulu yang gunakan itu kemudian bisa jadi contoh masyarakat lain bahwa ini bisa dimulai," tutupnya. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini